Sukses

PS TNI vs Perseru Serui: Rekor Buruk Kuda Lasut Orange

Dari 13 laga tandang, Perseru hanya menang 1 kali, 2 kali seri, dan menelan 10 kekalahan

Liputan6.com, Bogor - PS TNI siap menghadirkan kejutan di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo saat menjamu Perseru Serui di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (6/11). Mereka ingin hasil laga kandang terakhir saat menjamu Semen Padang bisa kembali diulangi.

Seperti diketahui, saat menjamu Semen Padang, Perseru meraih hasil mengejutkan dengan meraih kemenangan 1-0. Hanya saja, andai melihat rekor tandang Semen Padang, tentu itu hasil yang bisa dimaklumi. Maklum, Kabau Sirah - julukan Semen Padang, memiliki mental tandang yang buruk.

Ini persis jelang laga melawan Perseru. Kuda Lasut Orange - julukan Perseru, memang belum terkalahkan saat melakoni laga kandang di Stadion Marora. Namun, ketika melawat ke kandang lawat, tim asuhan Hanafi tersebut seolah buntu. Dari 13 lawatan, mereka hanya menang 1 kali, 2 kali seri, dan menelan 10 kekalahan!

Artinya, PS TNI memiliki kesempatan untuk bisa meraih 3 poin dalam laga kandang kali ini. Kemenangan 1-0 atas Semen Padang dalam laga kandang terakhir menjadi motivasi tersendiri bagi Aldino Herdianto cs.

PS TNI sadar, mereka memiliki rekor yang kurang cemerlang ketika melakoni laga tandang. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk bisa mendulang poin penuh adalah memaksimalkan laga kandang. Apalagi, Perseru yang mereka hadapi juga kerap meraih hasil minor dalam laga tandang. Terakhir, mereka kalah 0-2 di markas Semen Padang.

Hanya saja, PS TNI tetap tak boleh terlena meski bertindak sebagai tuan rumah. Perseru bisa juga menciptakan kejutan dalam laga ini. Mereka memiliki modal berupa tak terkalahkan dalam 3 laga terakhir di TSC 2016 meski semua terjadi di laga kandang.

Perlu diingat, dalam duel kali ini, kekuatan PS TNI tereduksi karena dua pilar mereka yakni Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu harus absen setelah membela timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan di luar yakni melawan Myanmar (4/11) dan Vietnam (9/11).

Perseru dipastikan bakal memanfaatkan absennya dua pilar tersebut. Sektor kiri PS TNI bakal dieksploitasi oleh lini depan Perseru. Maklum, itu merupakan posisi yang ditinggalkan oleh Abduh Lestaluhu. Selain itu, Perseru juga akan lebih banyak melakukan serangan dari tengah. Ketidakhadiran Manahati sedikit membuat pertahanan PS TNI longgar.

Dalam laga ini, PS TNI memiliki motivasi lain yakni membalas dendam pada pertemuan pertama. Saat melawat ke Marora, mereka kalah dengan skor 1-2. Aldino yang menjadi tip skorer sementara PS TNI dengan 6 gol, ingin kembali menambah pundi-pundi golnya.

Sementara itu, untuk bisa mengadang agresivitas Perseru, lini pertahanan dan gelandang bertahan PS TNI wajib mematikan ruang gerak duet penyerang Osas Saha dan Gakou Amadou. Dua duet asing di lini depan itu merupakan sumber gol Perseru. Amadou sudah mengemas 7 gol, sedangkan Osas Saha yang baru masuk pada putaran kedua sudah menghasilkan 5 gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Pertandingan

Fakta Pertandingan:

- Dalam 5 laga terakhir di TSC 2016, Perseru mampu menang 4 kali dan hanya sekali seri. Tapi, kemenangan didapat semuanya di partai kandang.

- Sedangkan PS TNI, dari 5 laga terakhir di TSC, hanya menang 1 kali dan menelan 4 kekalahan.

- Rekor laga kandang PS TNI adalah 12 kali main, 6 kali menang, 1 kali imbang, dan 5 kali kalah.

- Rekor tandang Perseru tak terlalu gemilang. Dari 13 lawatan, mereka hanya menang 1 kali, seri 2 kali, dan kalah 10 kali.  

- Pertahanan Perseru cukup rentan dibobol saat melakoni laga tandang. Dari 13 lawatan, mereka kemasukan 26 gol.  

- Pada pertemuan pertama di Stadion Marora, Perseru berhail menang dengan skor 2-1. Gol Perseru dicetak Yoksan Ama (2 gol), sedangkan gol PS TNI hasil kerja keras Manahati Lestusen..

Head to Head Kedua Tim
18/07/16 Perseru Serui 2-1 PS TNI

Lima Laga Terakhir PS TNI
30/10/16 Persela Lamongan 3-2 PS TNI
23/10/16 PS TNI 1-0 Semen Padang
18/10/16 Persipura Jayapura 3-2 PS TNI
14/10/16 PS TNI 1-2 Persija Jakarta
10/10/16 PSM Makassar 4-0 PS TNI

Lima Laga Terakhir Perseru
31/10/16 Perseru Serui 3-1 Barito Putera
22/10/16 Perseru Serui 2-0 Bali United
17/10/16 Perseru Serui 1-1 Persela Lamongan
12/10/16 Semen Padang 2-0 Perseru Serui
08/10/16 Perseru Serui 2-0 Persipura Jayapura

Perkiraan Formasi

PS TNI (4-2-3-1): Dhika Bayangkara; Romy Agustiawan, Hendri Aprilianto, Wanda Syahputra, Wiganda Pradika, Stevanus Bungaran, Legimin Raharjo, Erwin Ramdani, Pandi Lestaluhu, Wawan Febrianto, Aldino Herdianto
 
Perseru Serui (4-4-2): Choirun Nasirin; Boman Aime, Bilibig Dian Mahrus, John Wayoi, Ronaldo Meosido, Mari Siswanto, Septinus Alua, Fred Mote, Yoksan Ama, Amadou Gakou, Osas Saha

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.