Sukses

6 Fakta Menarik Vietnam Vs Indonesia

Vietnam dan Indonesia sempat bertemu di Sleman, bulan lalu.

Liputan6.com, Hanoi - Tim nasional (timnas) Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba keempatnya dalam persiapan jelang berlaga di Piala AFF 2016 dengan melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Selasa (8/11/2016) malam WIB. Ini merupakan pertemuan kedua Tim Garuda melawan The Golden Stars pada tahun 2016.

Sebelumnya, Indonesia sempat menjamu Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada 9 Oktober 2016. Di laga yang disaksikan puluhan ribu penonton itu, Tim Merah Putih sukses menahan imbang The Golden Stars dengan skor akhir 2-2.

Kondisi berbeda bakal mewarnai skuat Merah Putih jelang bentrok kontra Vietnam. Pasalnya, pemain naturalisasi Stefano Lilipaly kemungkinan bakal dimainkan mengingat sang pemain saat ini sudah bergabung bersama tim.

Lalu fakta menarik apa lagi yang tersaji di laga Vietnam vs Indonesia? Berikut daftarnya:

1. Timnas Vietnam baru menderita satu kekalahan dari 10 partai terakhir mereka. Kekalahan itu diderita dari Irak pada Maret lalu dengan skor 0-1.

2. Pelatih timnas Vietnam, Nguyen Huu Tang, merupakan mantan anak asuh Riedl saat masih menangani The Golden Stars pada tahun 1998-2000. Selain Nguyen, kapten kesebelasan Le Cong Vinh juga sempat merasakan dilatih Riedl.

3. Peringkat timnas Vietnam di FIFA lebih tinggi ketimbang Indonesia. Vietnam berada di peringkat 136, sementara Indonesia 179.

4. Pertemuan terakhir Indonesia dan Vietnam di turnamen resmi terjadi di Piala AFF 2014. Ketika itu skor berakhir imbang 2-2. Dua gol Indonesia masing-masing dicetak Samsul Arif dan Zulham Zamrun.

5. Dari enam pertemuan terkini dengan Indonesia, Vietnam belum sekalipun menang. Rinciannya, lima pertandingan berakhir dengan hasil imbang, sementara satu kemenangan jadi milik Indonesia.

6. Timnas Indonesia kemungkinan akan memakai jasa pemain naturalisasi yakni Stefano Lilipaly ketika melawan Vietnam. Sebelumnya dalam tiga laga uji coba melawan Malaysia, Vietnam dan Myanmar, Tim Merah Putih tak memakai jasa pemain naturalisasi.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini