Sukses

Statistik Ini Jadi Bukti Peran Vital Fellaini di MU

Fellaini ternyata punya peran yang tak kalah penting dengan Pogba.

Liputan6.com, Manchester - Peran Marouane Fellaini di lini tengah Manchester United (MU) memang tidak kentara seperti Paul Pogba. Namun peran gelandang asal Belgia ini ternyata tetap tak bisa disepelekan.

Statistik yang dihimpun dan Squawka membuktikan, Fellaini merupakan pilar penting di lini tengah Setan Merah. Ia bertugas untuk memutus aliran serangan lawan dari lini tengah.

Fellaini merupakan pemain dengan presentase kemenangan duel udara (aerial duel) paling tinggi. Tercatat, tingkat presentase kemenangan Fellaini mencapai 74 persen, jauh di atas Pogba yang mencatatkan 62 persen tingkat kemenangan.

Fellaini juga berada di posisi ketiga dalam hal melancarkan tekel ke lawan. Ia melepaskan rata-rata 2,8 tekel per laga. Terbanyak ketiga di MU setelah Ander Herrera dan Antonio Valencia.

Bukan cuma itu, akurasi operan Fellaini yang mencapai 89 persen juga merupakan salah satu yang tertinggi di antara para pemain MU. Melihat krusialnya peran Fellaini bagi MU, tak heran eks pemain Everton itu kerap tampil sebagai pemain utama.

Hal ini pun diakui oleh legenda MU, Ryan Giggs. "Ketika Anda melatihnya, dia melakukan apa yang Anda minta. Anda memintanya melakukan sesuatu dan dia akan melakukannya," kata Giggs seperti dilansir Manchester Evening News.

Fellaini sendiri mengakui, Mourinho telah menempatkannya di posisi terbaik. Oleh manajer asal Portugal itu, Fellaini ditempatkan sebagai gelandang yang bertugas membantu pertahanan.

"Saya adalah pemain nomor 6. Saya tahu apa yang saya bisa yaitu menutupi area pertahanan. Itulah kualitas saya. Saya juga bisa memenangkan duel sengit dan membaca permainan," ujar Fellaini seperti dilansir Daily Star.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United