Sukses

Mane Bisa Jadi Suarez Baru Buat Liverpool

Mane punya catatan lebih mentereng ketimbang Luis Suarez di musim pertama membela Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool - Sejak hengkangnya Luis Suarez ke Barcelona di awal musim 2014/15, Liverpool seperti kesulitan mencari pengganti. The Reds pernah mencoba Christian Benteke sampai Mario Balotelli, namun semuanya gagal.

Di musim ini, pencarian itu bisa saja telah usai. Pasalnya, Liverpool kini memiliki Sadio Mane. Ya, pemain yang diboyong dari Southampton itu dianggap merupakan 'Suarez baru' buat Liverpool.

Mane diboyong Liverpool dengan harga 34 juta pound sterling atau Rp550 miliar. Harga tersebut membuat Mane menjadi pemain termahal Afrika sepanjang sejarah.

Sejauh ini, harga mahal yang dikeluarkan Liverpool terbukti sepadan. Mane telah membukukan 6 gol dari 11 pertandingan bersama Liverpool di semua kompetisi. Uniknya, 5 gol itu diciptakan Mane di Anfield, markas Liverpool.

"Saya pikir Anfield membawa keberuntungan buat saya karena saya selalu mencetak gol," kata Mane di situs resmi Liverpool.

Catatan tersebut melampaui catatan Suarez di musim pertamanya bersama Liverpool. Suarez hanya menorehkan 4 gol dari 13 partai di musim pertama membela The Reds. Suarez juga tak langsung jadi andalan seperti Mane.

Selain itu, Mane juga dinilai punya kemiripan dengan Suarez dalam hal kecepatan. Menurut Whoscored, Mane memiliki rata-rata 5,1 dribel per laga. Catatan itu merupakan yang terbanyak dibanding pemain Liverpool lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Posisi

Namun demikian, ada sedikit perbedaan antara Suarez dan Mane. Jika Suarez biasa berposisi sebagai striker tunggal, Mane ditempatkan Jurgen Klopp sebagai pemain sayap.

Itu membuat Mane sering melepaskan umpan panjang. Hal itu terlihat dalam statistik yang dihimpun Squawka, di mana Mane melepaskan total 40 operan panjang per laga.

Jika Suarez punya Steven Gerrard dan Daniel Sturridge sebagai teman di lini depan, maka Mane pun punya Roberto Firmino dan Phillipe Coutinho. Trio Samino (Sadio Mane, Firmino, dan Coutinho) total telah menyumbang 16 gol dari total 30 gol Liverpool di Liga Inggris.

Performa apik ini wajib dijaga oleh Mane jika ingin mensejajarkan diri dengan Suarez sebagai bomber tajam Liverpool. Peluang itu terbuka lebar mengingat Liverpool mengontraknya untuk lima tahun ke depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.
    Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.

    Sadio Mane

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool