Sukses

Transfer Neymar Seret Presiden Barca ke Pengadilan

Barcelona diduga melakukan penggelapan pajak dan kecurangan saat mentransfer Neymar dari Santos.

Liputan6.com, Barcelona - Kasus transfer Neymar dari Santos ke Barcelona terus bergulir. Hakim Pengadilan Tinggi Spanyol, Jose de La Mata mengungkapkan eks Presiden Barcelona, Sandro Rosell dan Presiden Barcelona saat ini, Josep Maria Bartomeu bisa saja dihukum.

"Jika tujuannya untuk memanipulasi nilai kontrak pemain. Maka masuk akal untuk menilai dua figur itu bertanggungjawab dan sadar akan ilegalitas proses tersebut," ujar De La Mata seperti dilansir Marca.

Barcelona diduga melakukan penggelapan pajak dan kecurangan saat mentransfer Neymar dari Santos. Barca mengklaim transfer Neymar memakan biaya 57,1 juta euro atau Rp825 miliar.

Namun penyelidikan menemukan harga transfer Neymar sesungguhnya mencapai 88,2 juta euro atau Rp1,2 triliun. Penyelidikan juga menemukan kalau Barcelona menyetor dana 40 juta euro pada orangtua Neymar agar memuluskan jalan putranya tersebut ke Barcelona.

Sandor Rosell (AFP)
"Keduanya (Rosell dan Bartomeu) tahu konsekuensinya ketika mereka menandatangani kontrak ini," ujar De La Mata.

Sempat Ditutup

Kasus Neymar ini sebetulnya sempat ditutup. Namun pada September lalu, pengadilan memutuskan membuka kembali kasus transfer ini.

Pihak Barcelona juga sebelumnya telah membantah kabar kecurangan tersebut. "Barcelona selalu menegaskan tidak bersalah dalam kasus ini," tulis pernyataan klub lewat situs resmi.

Josep Bartomeu (Reuters/Juan Medina)
Juru Bicara Klub, Josep Vives juga mengatakan kalau pihak Barcelona terkejut dengan tindakan pengadilan. Namun ia mengaku keterkejutan itu semakin hilang dari waktu ke waktu.

"Kami terkejut tapi efek kejut itu terus turun. Dalam kasus ini, tidak ada kecurangan ataupun korupsi. Hanya masalah mentransfer pemain," ujar Vives.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

Video Terkini