Sukses

Piala AFF Tahun Ini Mulai Masuk Kalender FIFA

Poin yang dihasilkan akan signifikan untuk peringkat FIFA.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal tampil di Piala AFF 2016 pada November-Desember mendatang. Bila mampu juara Piala AFF 2016, peringkat FIFA Indonesia yang sekarang di posisi ke-179 tentu bakal terdongkrak.

Penyebabnya, turnamen Piala AFF sekarang masuk kalender FIFA. Sebelumnya, Piala AFF hanya dianggap turnamen persahabatan antar regional, sehingga bobot poin yang dihasilkan tidak signifikan.

Faktor terkuat perubahan tersebut karena FIFA melihat banyaknya minat masyarakat Asia Tenggara pada Piala AFF. Bahkan, belakangan muncul ide Piala AFF akan memakai format kandang-tandang demi semakin meningkatkan minat dan gengsi turnamen ini.

Fakta ini tentu semakin meningkatkan persaingan sepak bola negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Seperti dilansir ESPNFC, Piala AFF sekarang masuk turnamen internasional kategori A.

"Kami telah menerima pernyataan resmi dari AFC, Piala AFF tahun ini akan memengaruhi poin dalam peringkat FIFA," kata Sekjen AFF, Datuk Seri Azzuddin Ahmad, seperti dikutip ESPNFC.

"11 asosiasi yang berada di Asia Tenggara mengajukan permintaan kepada AFC. Melalui dukungan AFC, Piala AFF yang akan segera berlangsung bakal semakin bergengsi," ujar dia.
 
Pria asal Malaysia ini menyatakan, Piala AFF banyak menawarkan hal penting, bukan hanya regional Asia Tenggara. Menurut Azzuddin Ahmad, turnamen sepak bola antar negara ASEAN ini seperti lumbung emas untuk dapat dipasarkan secara komprehensif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.