Sukses

Pelatih Portugal Ungkap Kelemahan Ronaldo

Pelatih Portugal pernah membesarkan Ronaldo di Sporting Lisbon.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Portugal, Fernando Santos tahu betul kelemahan Cristiano Ronaldo. Maklum, sebelum melatih Portugal, Santos lah yang mengembangkan permainan Ronaldo di Sporting Lisbon.

Maka itu, eks pelatih timnas Yunani ini juga tahu betul apa kelemahan Ronaldo di saat berusia muda. Apa saja kelemahan itu?

"Saat dia gabung Sporting, saya bilang dia bakal terus dimainkan tim. Namun dia harus hentikan semua trik sirkus yang kerap dipakainya di lapangan," ujar Santos seperti dikutip as.

"Saya juga bilang kepadanya banyak hal yang harus diperbaiki. Saya bilang kepada dia: "Untuk seseorang yang banyak melompat, Anda tak cetak banyak gol lewat kepala!" katanya, mengingat-ingat.

Pesan Santos ini sepertinya cukup ampuh. Terbukti, Ronaldo mampu memperbaiki diri dan menjelma jadi pencetak gol dengan berbagai macam gaya.

Termasuk mencetak gol dengan kepala di berbagai kesempatan, baik bersama Manchester United maupun Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santos Menyesal

Di satu sisi, Santos juga memiliki penyesalan mendalam terkait Ronaldo. Saat di Sporting Lisbon, dia tergoda memainkan Ronaldo saat melawan Manchester United.

Dan dua pekan setelah itu, Santos kehilangan dua pemain kunci yaitu Ronaldo dan Ricardo Quaresma.

"Saya saat itu jadi pelatih saat Sporting melawan MU. Saya mainkan Ronaldo dan belakangan saya sadar seharusnya tak melakukan itu," ujarnya.

"Sepekan setelah laga itu, Quaresma pergi gabung Barcelona. Dan lalu dua hari kemudian, Ronaldo gabung MU. Tak terbayangkan sebelumnya, kedua pemain bakal menjadi kunci Portugal rebut juara Piala Eropa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo