Sukses

Tampil di Formula 4, David Berguru kepada Pelatih Rio Haryanto

Mulai 2017, David Sitanala bakal tampil di Formula 4 di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Pegokart Indonesia, David Sitanala naik kelas. Mulai 2017, pria kelahiran Maluku ini bakal tampil di Formula 4 di Tiongkok.

David merupakan pegokart muda terbaik yang dimiliki Indonesia. Pada 2014, dia menjuarai kelas junior Indonesia Rotax Max Challenge dan menjadi runner-up Asia Max Challenge.

Langkahnya ke pentas Formula 4 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku. Dengan dukungan tersebut, David bisa mengikuti 18 balapan di beberapa tempat di Tiongkok.

"Saya tidak sama dengan pembalap lain, karena saya didukung pemerintah selama setahun. Jadi, kesempatan ini saya harus maksimalkan agar bisa naik podium di setiap balapan," kata David di Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Pria berusia 16 tahun tersebut telah melakukan banyak persiapan untuk tampil di Formula 4. Dia menyadari bahwa ada perbedaan besar saat berada di belakang kemudi mobil gokart dengan Formula 4.

"Saya sudah latihan selama enam bulan. Sekarang latihannya tiga kali dalam seminggu dan dilakukan selama dua jam," ucapnya.

Demi tampil di Formula 4, David berguru pada Dennis Van Rhee, yang juga pernah mendidik pembalap cadangan Manor Racing, Rio Haryanto. Dennis menempa mental David agar bisa mewujudkan mimpinya sukses di Fomula 1.

"Balapan mobil dan motor hanya dibedakan rodanya saja. Yang dibutuhkan seorang pembalap muda adalah fisik dan mental juara. Pembalap muda juga harus disiplin," ucap Dennis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.