Sukses

NBA Bakal Bikin Akademi Global di Australia

Akademi NBA, terdiri dari jaringan pusat pelatihan elit di seluruh dunia.

Liputan6.com, Canberra- NBA terus berupaya membantu pembinaan bola basket di Asia-Pasific. Organisasi pimpinan Adam Silver itu akan bekerja sama dengan Basketball Australia (BA) untuk meluncurkan NBA Global Academy, pusat pelatihan elit milik NBA di Centre of Excellence BA di Australian Institute of Sport, Canberra, Australia pada Kamis (10/11).

NBA Global Academy, yang berfungsi sebagai pusat global NBA untuk pemain-pemain dengan potensi bertaraf internasional di seluruh dunia, akan menjadi pusat pelatihan elit keempat NBA setelah sebelumnya meluncurkan Akademi NBA di Hangzhou, Jinan dan Urumqi, Tiongkok. Para pemain berpotensi dari seluruh dunia akan memulai pendidikan di NBA Global Academy dalam beberapa pekan mendatang.

“Basketball Australia sangat senang dapat bermitra dengan NBA dalam pengembangan talenta muda berbakat dari seluruh dunia,” ujar Anthony Moore, CEO Basketball Australia dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

“Centre of Excellent kami memiliki rekam jejak yang baik dalam menghadirkan atlet berbakat yang dapat berkompetisi di panggung dunia, serta kami menyambut kesempatan ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang kami miliki bersama NBA.”

“NBA Global Academy akan menyediakan sarana bagi potensi terbaik dari seluruh dunia untuk berlatih dan berkompetisi melawan rekan-rekan mereka di dalam sebuah lingkungan di bawah pengawasan para pelatih berpengalaman dari NBA, berkolaborasi dengan jajaran pelatih dari BA yang telah berstandar internasional,” ujar Brooks Meek, Vice President International Basketball Operations NBA. “Mewakili NBA, kami sangat menantikan kerjasama dengan BA dalam inisiatif ini dan menolong para prospek elit mencapai potensi penuh mereka.

Akademi NBA, terdiri dari jaringan pusat pelatihan elit di seluruh dunia, meliputi pengembangan pendidikan bagi pria dan wanita yang memiliki prospek internasional terbaik dan menandai investasi NBA yang signifikan dalam pengembangan pemain elit. Inisiatif ini akan mendukung berbagai akademi basket internasional yang telah ada dengan mengekspos para prospek elit kepada pelatihan, fasilitas dan kompetisi dengan level NBA, serta menyediakan sebuah kerangka kerja global bagi para prospek elit untuk memaksimalkan kesuksesan mereka.

Akademi NBA akan menerapkan pendekatan menyeluruh untuk pengembangan pemain, yang juga mencakup pendidikan, kepemimpinan, pengembangan karakter, dan keahlian hidup. Inisiatif ini berangkat dari program grass root NBA, yang meliputi Jr. NBA dan NBA 3x, yang telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta anak selama musim 2015-2016.   

Setiap pusat pelatihan elit akan dikelola oleh pelatih berpengalaman NBA untuk menumbuh kembangkan para pemain di dalam dan luar lapangan, selama dan setelah karir basket mereka. Setiap pusat pelatihan akan dihuni oleh tim U-16 dan U-18 yang akan bersaing dalam kompetisi papan atas sepanjang tahun. Para siswa terbaik di setiap pusat pelatihan memiliki kesempatan untuk dipilih sebagai tim yang berkeliling dan bermain di turnamen internasional.

NBA Global Academy akan menggunakan lokasi Centre of Excellence BA di Australian Institute of Sport (AIS) yang telah dikenal dunia. Kampus AIS di Canberra adalah rumah bagi berbagai fasilitas elit dengan performa terbaik, praktisi-praktisi olahraga kelas dunia di bidang ilmu olahraga, kesehatan olahraga dan pelatihan. AIS merupakan sebuah pionir kampus olahraga berkelas dunia dan juga sebuah flagship Australian Sports Commission, sebuah badan olahraga pemerintah Australia.

Sebelumnya, BA juga mendukung kegiatan NBA dan camp FIBA Basketball Without Borders (BWB) Asia, yang diadakan di Australia untuk pertama kalinya di Dandenong Basketball Stadium, Melbourne pada Juni 2016 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini