Sukses

Rekrut Lorenzo, Ducati Pastikan Lebih Lama Tampil di MotoGP

Ducati resmi perpanjang kontrak dengan pemegang hak ekslusif MotoGP, Dorna.

Liputan6.com, Bologna - Ducati selaku produsen motor asal Italia telah menandatangani kontrak baru dengan Dorna Sports selama lima tahun. Kepastian itu didapat H-1 jelang balapan seri terakhir di MotoGP Valencia, akhir pekan ini.

Seperti dikutip dari GPUpdate, Sabtu (12/11/2016), Ducati akan bersaing dengan sejumlah produsen motor asal Jepang setidaknya hingga Desember 2021. Kontrak baru ini terkesan begitu istimewa mengingat pada musim depan juara dunia tiga kali MotoGP, Jorge Lorenzo akan mengendarai motor Desmosedici dengan berduet bersama Andrea Dovizioso.

Sekadar mengingatkan, ketika pihak penyelenggara memutuskan untuk beralih ke mesin empat tak atau kelas utama 1000cc pada 2002. Ducati akhirnya memutuskan untuk masuk ke kejuaraan grand prix balap motor dan diresmikan saat balapan di Mugello, Italia.

Tim yang bermarkas di Bologna itu akhirnya baru masuk kalender MotoGP pada 2003, dan mulai mengambil bagian dalam balapan di kelas utama dengan bersama Loris Capirossi dan Troy Bayliss. Selama satu musim di kelas utama 1000cc, Capirossi tercatat hanya mengoleksi enam kali podium di man satu diantaranya berhasil dimenangkan (GP Catalunya).

Capirossi pun akhirnya berada di urutan keempat dan Bayliss keenam dalam daftar klasemen MotoGP. Sementara tim Ducati berada di urutan kedua di klasemen konstruktor.

Masa kejayaan Ducati datang ketika Casey Stoner tiba di tim Pabrikan Italia tersebut. Pembalap yang dikenal dengan julukan Kuri-Kuri Boy tersebut berhasil mengantarkan tim merebut gelar juara dunia pada 2007.

Total, pembalap yang tergabung dengan tim Ducati telah mengumpulkan 31 kemenangan. Sebanyak 23 diraih Stoner, Capirossi tujuh kali, dan Bayliss sekali.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini