Sukses

Profil Timnas Malaysia: Terkaman Harimau Malaya

Malaysia tak terlalu diunggulkan di Piala AFF 2016, tapi itu membuat mereka tampil tanpa beban.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Piala AFF 2016 kini tinggal menghitung hari. Semua tim tengah bergegas menyiapkan timnya, tak terkecuali timnas Malaysia. Dalam gelaran nanti, Harimau Malaya diprediksi akan kembali menerkam.

Setiap gelaran Piala AFF, Malaysia sebenarnya tak terlalu diunggulkan. Bukan tak beralasan tentunya, pasalnya, para tim lain dianggap lebih kuat, contoh saja Thailand, Myanmar, hingga Vietnam.

Hal ini yang tampaknya bikin mereka main dengan nothing to lose. Ya, tanpa beban menjadi salah satu yang diusungnya. Hasilnya cukup positif dan berdampak.

Tengok saja tiga gelaran terakhir ini. Mereka bahkan sukses menjadi juara Piala AFF 2010 setelah mengandaskan Indonesia di final. Pada 2012 lalu, mereka mampu menembus semifinal.

Pada Piala AFF 2014, mereka juga meneruskan kejutannya. Memulai turnamen di grup neraka yang diisi oleh Thailand, Singapura, dan Myanmar, Malaysia beri efek sengatannya. Pertandingan pertama mereka sukses tahan imbang Myanmar tanpa gol. Sempat kalah 2-3 lawan Thailand, Malaysia memastikan diri ke semifinal setelah taklukan tetangga dekatnya, Singapura dengan skor 3-1.

Kejutannya berlanjut di semifinal kala menghadapi tim kandidat juara, Vietnam. Jadi tuan rumah lebih dahulu, Harimau Malaya harus puas dipermalukan 1-2 oleh Vietnam. Namun semangat mereka tak luntur.

Kala bermain di Stadion My Dinh, Safiq Rahim cs sukses bungkam Hanoi. Ya, pasukan Harimau Malaya akhirnya sukses menang 4-2 di sana dan memastikan diri ke final sebelum takluk oleh Thailand di partai puncak.

Akan tetapi, setahun terakhir Malaysia harus mengalami tren penurunan performa. Bahkan, sepanjang tahun 2016 ini, mereka hanya sukses meraih tiga kemenangan saja. Itu pun melawan tim yang levelnya di bawah Malaysia.

Mereka hanya menang kandang-tandang kontra Timor Leste dan New Caledonia. Sisanya diraih dengan tiga kekalahan, dan empat hasil imbang.

Berbagai problem juga sempat menghantui mereka jelang Piala AFF 2016. Mulai dari pensiun dininya beberapa pemain senior, termasuk Safiq Rahim, hingga kisruh di internal asosiasi sepak bola Malaysia (FAM).

Kendati begitu, Malaysia masih tak boleh dianggap remeh oleh siapa pun. Bila hal itu terjadi, maka bakal jadi senjata makan tuan tim itu sendiri.

Timnas Malaysia

Julukan: Harimau Malaysia
Pelatih: Ong Kim Swee
Kapten: Amri Yahyah
Caps terbanyak: Soh Chin Aun (252)
Top Scorer: Mokhtar Dahari (125)
Stadion kandang: Stadion Nasional Bukit Jalil
Kode FIFA: MAS

Peringkat FIFA
Terkini    173 (2 June 2016)
Tertinggi 75 (Agustus 1993)
Terendah 175 (April–Mei 2016).

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.