Sukses

Irfan Bachdim Belum Lepas dari Kutukan Piala AFF

Dimainkan dalam tiga uji coba jelang Piala AFF 2016, Irfan Bachdim mencetak tiga gol.

Liputan6.com, Jakarta - Irfan Bachdim benar-benar tak berjodoh dengan Timnas Indonesia saat tengah mempersiapkan diri untuk tampil di Piala AFF. Untuk Piala AFF 2016, Alfred Riedl sudah memastikan mencoret nama pemain Consadole Sapporo tersebut.

Kabar buruk menerpa Timnas Indonesia jelang keberangkatan ke Piala AFF 2016 di Filipina-Myanmar. Mereka dipastikan kehilangan salah satu pemain andalan mereka, yakni Bachdim. Penyebabnya adalah keretakan pada fibula yang didapatnya pada sesi latihan pagi, Selasa (15/11/2016).

Menurut dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, cedera itu membutuhkan waktu dua bulan untuk masa pemulihan. Sangat disayangkan karena cedera itu didapat Bachdim hanya empat hari menjelang laga perdana Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2016.

Situasi ini mirip seperti yang dialami Bachdim pada persiapan menuju Piala AFF 2014. Kala itu, Riedl memasukkan namanya dalam daftar pemain yang akan didaftarkan ke AFF. Padahal, saat itu kondisi Bachdim juga diragukan hingga selalu menjalani latihan terpisah.

Setelah dipastikan tak akan pulih dalam waktu dekat, Riedl pun memutuskan untuk mencoretnya. Kini, lagi-lagi Bachdim harus menghadapi kenyataan yang tak jauh berbeda jelang digulirnya Piala AFF 2016.

Kehilangan Besar

Tentu saja, dicoretnya nama pemain kelahiran 11 Agustus 1988 itu menjadi pukulan telak bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, tenaga Bachdim sangat dibutuhkan mereka untuk bersaing dengan Filipina, Thailand, dan Singapura di Grup A.

Terlebih, Bachdim juga menunjukkan performa luar biasa setiap kali dimainkan di laga uji coba jelang Piala AFF 2016. Di luar hasil 0-0 melawan Myanmar karena tak dimainkan, Bachdim rutin menyumbang satu gol untuk Timnas Indonesia.

Sumbangsihnya diberikan saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Malaysia, menahan Vietnam 2-2 di Sleman, dan saat kalah 2-3 saat gantian berkunjung ke markas Vietnam.

Bachdim sendiri sudah memulai petualangannya bersama Timnas Indonesia sejak 2010. Mantan pemain akademi Ajax Amsterdam memulai debutnya saat Timnas Indonesia menang 6-0 atas Timor Leste di laga uji coba. Sementara itu, debutnya di laga kompetitif dimulai pada Piala AFF 2010 saat menang 5-1 atas Malaysia. Hebatnya, Bachdim juga menyumbang satu gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini