Sukses

Korea Utara Bermimpi Cetak Messi Baru

Korea Utara membangun sekolah sepak bola di Pyongyang sejak 2013 lalu.

Liputan6.com, Pyongyang- Korea Utara mulai serius mengembangkan sepak bola. Negara pimpinan Kim Jong Un itu punya ambisi besar untuk bisa mencetak pemain kelas dunia yang melebihi kehebatan Lionel Messi dalam waktu dekat.

Usaha mencetak pemain kelas dunia sudah dimulai tahun 2013 lalu dengan membuka Pyongyang International Football School. Di sekolah sepak bola tersebut, anak-anak berbakat Korut digembleng agar bisa jadi pesepakbola handal.

"Kami melatih siswa kami untuk menjadi pemain super-berbakat yang dapat melampaui keterampilan dari orang-orang seperti Lionel Messi," terang Ri Yu-Il, pelatih akademi Pyongyang seperti diberitakan Goal.

"Untuk sekarang, saya pikir kami harus mendominasi Asia dan dalam waktu dekat, saya berharap kami akan bisa mendominasi dunia," lanjut Ri.

Prestasi terbaik Korut di kancah sepak bola dunia ada pada tahun 1966. Ketika itu Korut mengalahkan tim kua Italia guna lolos ke perempat final Piala Dunia 1966.

Ambisi mencetak pemain sekaliber atau melebihi Messi justru diragukan pelatih timnas Korut Jorn Anderson. Kepada AFP, Anderson melihat Korut memang bisa mencetak pemain-pemain hebat, namun mustahil melahirkan pemain sehebat Messi.

Keraguan Anderson didasari kebijakan tangan besi pemerintah Korut yang melarang pemainnya main di luar negeri.

"Tidak, saya tidak berpikir mereka bisa membuat Lionel Messi, tapi saya pikir mereka bisa membuat pemain-pemain yang bagus untuk Asia. Ada banyak pemain bertalenta tapi mereka selalu harus tinggal di dalam negeri. Mereka tidak bisa keluar negeri. Ketika mereka selalu bermain di dalam negeri, sulit untuk menciptakan pemain yang lebih baik," ujar Anderson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini