Sukses

Ini Rahasia Sukses Klopp di Liverpool

Klopp dianggap berhasil menanamkan mental juara kepada pasukan Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool tengah terbang tinggi. Hingga pekan ke-11 Liga Inggris, The Reds masih bertengger di puncak klasemen. Mereka mengoleksi 26 poin, unggul satu dari Chelsea yang berada di posisi kedua.

Tak heran, belakangan banyak orang menjagokan Liverpool akan tampil sebagai juara Liga Inggris, musim ini. Jika terjadi, itu pertama kalinya mereka kembali jadi yang terbaik, sejak terakhir kali memenangkan liga di musim 1989/90 saat dilatih Kenny Dalglish.

Apa sebenarnya kunci sukses pelatih Jurgen Klopp?  Philippe Coutinho, gelandang andalan Liverpool, menyebut, Klopp berhasil menanamkan mental juara kepada pasukan The Reds.

"Klopp membuat kami, pemain, lebih percaya diri," ujar pemain asal Brasil itu. "Tapi, tentu, dari segi taktik dan strategi, Klopp juga banyak melakukan hal baru."

Berkat "doktrin" Klopp, kata Coutinho, sekarang para pemain Liverpool jadi yakin akan kemampuan sendiri. Di setiap pertandingan, mereka selalu percaya bisa menutupnya dengan kemenangan.

"Semangat seperti ini yang membuat Liverpool belakangan berhasil menoreh hasil-hasil bagus," Coutinho menjelaskan. "Sebab, kami selalu percaya, bahwa kami bisa mengalahkan lawan."

Lebih Terarah

Coutinho, 24 tahun, menuturkan, sejak kedatangan Klopp pada 2015, banyak hal berubah di Liverpool. Tentu, ke arah yang lebih positif. Gaya latihan mereka pun jadi lebih terarah.

"Dia selalu meminta kami hal yang sama: kerja keras dengan dedikasi tinggi," ujar Coutinho, lagi. "Di lapangan, dia juga selalu meminta agar kami bisa memberi tekanan kepada lawan, bukan sebaliknya. Begitu selalu di setiap pertandingan."

Sabtu (19/11/2016), Liverpool akan kembali turun gelanggang di Liga Inggris. Laga kali ini dipastikan tak akan mudah karena mereka harus bertandang ke marks Southapton di Stadion St Mary's.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris