Sukses

Selamat Tinggal Anderson

Gelandang Manchester United, Anderson Oliviera pantas frustasi. Cedera ligamen pada lutut kirinya memaksa Anderson absen enam bulan dan gagal memperkuat Timnas Brasil di PD 2010.

Liputan6.com, Manchester: Nasib teramat naas menimpa Anderson Luis de Abreu Oliveira. Gelandang Manchester United berusia 21 tahun ini mengalami cedera sangat buruk, ligamen cruciate di lutut kirinya pecah dan harus menjalani tindak operasi. Alhasil, Anderson harus melalui proses recovery selama enam bulan atau absen sampai akhir musim. Tidak hanya itu saja, cedera ini sekaligus memupus ambisi Anderson untuk kali pertama bermain di kancah putaran final Piala Dunia bersama Timnas Brasil.

Cedera parah tersebut terjadi saat Anderson memperkuat MU dalam lanjutan premiership di pekan ke-28 menjamu West Ham United di Old Trafford, Selasa (23/2) lalu. Partai pertama bagi Anderson dalam sebulan terakhir. Terakhir kali mantan gelandang FC Porto itu tampil di leg pertama semifinal Carling Cup melawan Manchester City, 19 Januari lalu.

Kabar buruk tersebut membuat Sir Alex Ferguson harus mengocok ulang komposisi skuadnya di leg kedua 16 besar Liga Champions menjamu AC Milan, 10 Maret mendatang. Sebab, Ferguson mengaku telah memplot Anderson sebagai starter menggantikan Michael Carrick yang terkena larangan bermain karena kartu merah yang diterimanya di leg pertama yang berlangsung di San Siro, 16 Februari lalu. “Kabar buruk baginya. Ia sangat menantikan dapat kembali bermain dan menunjukkan antusiasme yang tinggi,” ujar Ferguson.

Menindaklanjuti hasil pemeriksaan yang dilakukan Rabu (24/2) kemarin, Anderson bakal terbang ke Portugal untuk menjalani operasi. “Aneh. Jika Anda melihat cedera pada ligamen cruciate, kelihatannya seperti biasa-biasa saja. Ia mencoba mengambil bola dan lututnya terangkat. Kami telah melihat dengan seksama situasinya dan tahu benar jika ia membutuhkan tindak operasi," ujar Ferguson.

"Biasanya kami akan mengirim pemain dengan cedera seperti itu untuk berobat ke Dr Steadman di Colorado (AS). Namun, ia tampaknya lebih suka dengan dokter bedah di Portugal yang menangani cedera yang dialami sebelumnya. Ia akan absen enam bulan dan saya berharap ia dapat kembali sebelum musim depan digelar,” imbuh Ferguson.(MEG/BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.