Sukses

Van Dijk Bicara Kans Timnas Indonesia di Piala AFF

Van Dijk tak dipanggil timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF.

Liputan6.com, Bandung - Hari ini, Kamis (17/11/2016) skuat Tim Nasional Indonesia bakal bertolak ke Manila, Filipina untuk mengikuti Piala AFF 2016. Timnas bakal melakoni pertandingan perdana menghadapi Thailand, Sabtu (19/11/2016) nanti.

Namun kekuatan timnas Indonesia dipastikan sedikit berkurang setelah beberapa punggawanya seperti Irfan Bachdim, Ichsan Kurniawan dan Dian Agus mengalami cedera dan harus angkat koper terlebih dahulu.

Striker Persib Bandung, Sergio van Dijk mengatakan jika peluang skuat Garuda untuk bisa meraih gelar juara sangat tipis. Timnas disebutnya perlu perjuangan super keras agar bisa menang di penyisihan grup, termasuk menghadapi Thailand.

Itu karena persiapan timnas sangat mepet. Semua diakibatkan oleh bekunya PSSI sehingga membuat kegiatan timnas terhenti lebih dari setahun.

"Susah (peluang), kita harus realistis karena Indonesia tidak main satu tahun lebih karena sanksi. Sedangkan negara lain sudah lebih kompak karena persiapan lebih banyak  dan main uji coba mereka kuat juga," ujarnya.

"Tapi kita tetap optimis karena banyak pemain yang bagus kaya Boaz, Zulham, Fachrudin. Kita ada peluang di laga pertama (menghadapi Thailand) kalau hasil bagus bisa menambah percaya diri untuk laga selanjutnya," ucapnya, menambahkan.

Puji Riedl

Eks pemain Adelaide United ini memuji keberanian pelatih timnas, Alfred Riedl untuk memainkan pemain muda. Ini disebutnya bisa membuat timnas menjadi lebih baik di masa mendatang.

"Tentunya bagus bisa lihat Indonesia mau lihat masa depan, kalau lihat negara lain di Australia sudah 5 tahun lalu juga Thailand, tinggal mau gak mempercepat sudah bagus dan fans timnas dan orang Indonesia harus sabar (untuk hasil) karena tidak seperti mie instan atau kopi," katanya.

Van Dijk sendiri pernah satu kali membela timnas Indonesia di Piala AFF 2014. Saat itu, Indonesia gagal total karena tak lolos penyisihan grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.