Sukses

Profil Timnas Vietnam: Favorit Juara Piala AFF 2016

Vietnam berada satu grup dengan Malaysia, Myanmar, dan Kamboja.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Vietnam diprediksi bakal menjadi kandidat terkuat pesaing juara Piala AFF 2016. Hal ini dilihat dari penampilan impresif mereka dalam rangka persiapan ke ajang akbar nanti.

Vietnam memang belakangan mencuri perhatian. Bukan tanpa alasan, The Golden Stars mengilap dalam laga-laga internasional terakhirnya.

Bahkan, sepanjang 2016 ini mereka hanya menelan satu kali kekalahan. Kekalahan itu pun didapat saat mereka melawan mantan tim juara Asia, Irak dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018, 29 Maret lalu.

Setelahnya, mereka sukses jalani laga tak terkalahkan, bahkan nyaris menyapu bersihnya dengan kemenangan. Hanya Indonesia yang sukses menahan laju mereka di Sleman, 9 Oktober lalu. Itu pun pada pertemuan kedua di Hanoi, 8 November, timnas kita kalah 2-3.

Dari enam laga persahabatan terakhir, yang paling menarik kala mereka menaklukan tim kontestan Piala Dunia 2010, Korea Utara. Pasukan The Golden Stars ini sukses menang dengan skor cukup mencolok, 5-2, di Hanoi, 6 Oktober lalu.

Dalam keikutsertaannya di Piala AFF, Vietnam juga jadi kandidat yang paling kuat. Mereka kini tengah mengincar gelar kedua sejak pertama meraihnya 2008 lalu. Apalagi, tiga gelaran sebelumnya, mereka tak pernah sentuh kaki di final.

Dengan membawa pemain-pemain muda, Vietnam kini punya dua misi, yakni juara AFF, dan juga masa depan gemilang. Rataan umur mereka kini hanya 22,2 tahun. Huu Thang bisa dibilang jadi sosok sukses. Dia berhasil mematangkan gairah muda pemainnya menjadi hal yang positif.

Pada gelaran kali ini, Vietnam bergabung di Grup B, bersama Myanmar, Malaysia, dan Kamboja. Melihat pemetaan skuat, mungkin hanya Malaysia yang bisa jadi sandungan mereka.

Timnas Vietnam

Julukan : Golden Star
Pelatih: Nguyen Huu Thang
Kapten: Le Cong Vinh
Caps terbanyak: Le Cong Vinh (777)
Top Scorer: Le Cong Vinh (77)
Stadion kandang: Stadion Nasional M? Ðình
Kode FIFA: VIE

Peringkat FIFA
Terkini    133  (2 Juni 2016)
Tertinggi    84 (September 1998)
Terendah    172 (Desember 2006)

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar

    Piala AFF 2016