Sukses

Piala AFF: Riedl Punya Rekor Selalu Menang Lawan Thailand

Riedl dua kali membawa timnya menundukkan Thailand di fase grup Piala AFF, sekali kalah di semifinal.

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga perdana penyisihan Grup A Piala AFF 2016, besok (19/11/2016). Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, ternyata punya rekor sempurna saat melawan Thailand di fase grup Piala AFF.

Riedl diketahui selalu membawa tim yang dibesutnya meraih kemenangan atas Thailand di fase grup. Yang pertama ketika dia menangani Vietnam pada 1998, ketika Piala AFF masih bernama Piala Tiger.



Pelatih asal Austria itu sukses membuat Vietnam menang telak 3-0 atas Thailand di Hanoi. Tentu itu merupakan kemenangan sensasional, mengingat Thailand selalu menjadi unggulan ketika tampil di turnamen antarnegara di kawasan Asia Tenggara ini.   

Yang kedua, Riedl juga pernah mengalahkan Thailand ketika melatih Timnas Indonesia. Momen itu terjadi pada Piala AFF 2010, di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Pertemuan Indonesia kontra Thailand terjadi di fase grup dan pertandingan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Kala itu, Tim Garuda menang 2-1 atas Thailand berkat dua gol Bambang Pamungkas melalui titik penalti.

Rekor Riedl ini tentu sedikit memihak Indonesia untuk mengalahkan Thailand lagi. Menarik menanti apakah rekor sempurna Riedl atas Thailand akan berlanjut di Stadion Olahraga Filipina, besok.

Namun, Riedl sempat kalah dari Thailand pada Piala AFF 2007, tapi kala itu di babak semifinal, bukan fase grup. Kala itu, Vietnam asuhan Riedl menyerah 0-2 dari The Elephant War.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.