Sukses

Mengenang Momen Arsenal Rayakan Juara Liga Inggris di Markas MU

Arsenal akan bertandang ke Old Trafford untuk menantang Manchester United (MU) pada Sabtu (19/11/2016).

Liputan6.com, Manchester - Arsenal akan bertandang ke Old Trafford untuk menantang Manchester United (MU) pada Sabtu (19/11/2016). The Gunners -julukan Arsenal- punya memori manis di markas MU, yang terkenal angker bagi tim tamu tersebut.

Pada Liga Inggris musim 2001/02, Arsenal bertandang ke Old Trafford di pekan ke-37. Kemenangan di Old Trafford bakal menyegel gelar juara Arsenal di musim tersebut.

Kedua manajer, Sir Alex Ferguson di kubu MU dan Arsene Wenger sama-sama tak bisa menurunkan pemain terbaik mereka. Di kubu MU, Ruud van Nistelrooy dan Nicky Butt absen. Pun begitu dengan Thierry Henry, Dennis Bergkamp dan Tony Adams yang tak bisa memperkuat Arsenal.

Kendati demikian, pertandingan ternyata tetap berjalan sengit dan keras. Sempat terjadi insiden antara gelandang Arsenal, Edu dan bek kanan MU, Phil Neville.

Neville melanggar keras Edu di pinggir lapangan. Aksi ini menyulut emosi para pemain Arsenal, namun tak ada perkelahian yang terjadi.

Striker Arsenal, Sylvain Wiltord sempat mengancam gawang MU yang dikawal Fabian Barthez. Tak ingin kalah, MU juga mengancam Arsenal lewat sepakan keras Paul Scholes dari luar kotak penalti.

Sylvain Wiltord saat mencetak gol ke gawang Fabian Barthez (Arsenal.com)

Gol Wiltord

Setelah tak ada gol di babak pertama, gawang MU ternyata bobol di menit 57. Adalah Sylvain Wiltord yang jadi pencetak gol satu-satunya di laga tersebut.

Berawal dari kesalahan Mikael Silvestre, bola lalu direbut Ray Parlour, yang langsung memberikannya ke Wiltord. Striker asal Prancis itu lalu memberi umpan pada Freddie Ljungberg.

Usai melakukan penetrasi, Ljungberg menendang bola yang bisa ditepis Barthez. Malang bagi MU, bola muntah mental ke arah Wiltord yang dengan jeli memasukannya ke gawang tuan rumah.

Belum Ada yang Menyamai

Tak ada tambahan gol yang tercipta usai gol tersebut. Arsenal pun meraih gelar juara Liga Inggris yang kedua di bawah asuhan Wenger.

Hingga kini, belum ada tim yang menyamai prestasi dengan juara di Old Trafford. Leicester City hampir saja mengulangi pretasi tersebut di musim 2015/16, namun akhirnya gagal.

Berikut susunan pemain laga MU vs Arsenal di pekan ke-37 Liga Inggris 2001/2002:

Man Utd: Barthez, Phil Neville, Blanc, Brown, Silvestre, Scholes, Keane, Veron (van Nistelrooy 58), Giggs, Solskjaer, Forlan (Fortune 68).

Arsenal: Seaman, Lauren, Keown, Campbell, Cole, Ljungberg, Parlour, Vieira, Edu, Wiltord, Kanu (Dixon 89).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris