Sukses

Begini Cara Ducati Akali Larangan Pakai Sayap di Motor

Ducati dan tim-tim MotoGP lainnya sedang berpikir keras untuk cari pengganti sayap.

Liputan6.com, Jakarta - Ducati Corse dikabarkan punya trik khusus untuk mengakali dilarangnya penggunaan sayap di motor pada MotoGP 2017. Seperti dilansir crash, Ducati kemungkinan membuat fairing yang lebar menyerupai sayap di motor musim depan.

Meski begitu, ini belum terlihat di tes Valencia pada Senin dan Selasa (16/11/2016). Ducati masih memakai sayap di motor yang dipakai Jorge Lorenzo dan andrea Dovizioso.

Kemungkinan pemakaian fairing lebih lebar itu diungkap eks Ducati, Cal Crutchlow yang kini membalap untuk LCR Honda.

"Mereka tetap pakai sayap di tes untuk beberapa alasan. Mungkin mereka gunakannya musim depan dengan cara membuat fairing yang lebar. Ducati beralasan hanya pakai sayap untuk tes, tapi saya tahu cara mereka bekerja," ujarnya.

Bunyi regulasi larangan penggunaan sayap di MotoGP 2017 memungkinkan tim-tim mengakalinya. Dalam regulasi disebutkan, sayap yang dilarang adalah sesuatu yang tak melekat ke bodi.

Tim Lain Pun Berminat

Nah, inilah yang menjadi celah Ducati. Mereka dinilai bisa bangun fairing (penutup motor) lebih lebar untuk akali larangan itu. Meski di larangan disebutkan, lebar sayap tak boleh lebih lebar dari 150 milimeter dari titik vertikal sumbu roda depan.

Tak hanya Ducati, tim-tim lain juga dikabarkan sedang mencari kemungkinan akali larangan penggunaan sayap. Bos Monster Yamaha Tech 3, Herve Poncharal membenarkan hal itu.

"Mekanik tiap tim sedang memikirkan kemungkinan motor pakai sayap atau tidak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.