Sukses

Gol Aubameyang, Dortmund Ungguli Muenchen di Babak Pertama

Gol Aubameyang tak lepas dari kontribusi Mario Gotze.

Liputan6.com, Dortmund - Bayern Muenchen harus mengakui keunggulan Borussia Dortmund pada babak pertama pekan ke-11 Bundesliga 2016/2017. Di Signal-Iduna-Park, Minggu (20/11/2016) dinihari, Dortmund unggul 1-0 pada laga bertajuk Der Klassiker tersebut.

Menjamu Muenchen, pelatih Thomas Tuchel mengerahkan kekuatan terbaiknya. Bahkan, ia menurunkan dua penyerang sekaligus sebagai striker, yakni Adrian Ramos dan Pierre-Emerick Aubameyang. Itu jadi bukti bahwa Dortmund tak ingin bermain bertahan meski melawan Muenchen.

Di lain pihak, absennya Arjen Robben tak begitu membuat pelatih Carlo Ancelotti pusing. Pasalnya, ia masih memiliki pemain-pemain berkualitas. Dalam daftar starter, ia memasang Robert Lewandowski, Thomas Muller, Thiago Alcantara, hingga Franck Ribery yang baru saja pulih dari cedera.

Namun, Muenchen tetap terlihat kewalahan menghadapi Muenchen di awal permainan. Tuan rumah bisa membuka keunggulan lewat assist Gotze yang dimaksimalkan Aubameyang di menit ke-11. Gol itu semakin membangkitkan semangat Dortmund.

Selebrasi para pemain Borussia Dortmund menyambut gol Pierre-Emerick Aubameyang ke gawang Bayern Muenchen. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Dominasi mereka pun kian terlihat jelas di sisa babak pertama. Sebaliknya, tim tamu justru kesulitan mengembangkan permainan di bawah gempuran Dortmund. Alhasil, mereka mulai mengandalkan umpan-umpan panjang untuk menembus barikade pemain Dortmund.

Salah satu upaya mereka dilakukan di menit ke-26. Berawal dari manuver Ribery, bola yang mengarah kepada Joshua Kimmich dilanjutkan Lewandowski dengan tandukannya. Namun, bola sundulan Lewandowski masih mengarah ke atas gawang Dortmund kawalan Roman Burki.

Hingga babak pertama berakhir, situasi tetap tak berubah. Keunggulan 1-0 Dortmund bertahan hingga wasit meniup peluit tanda jeda turun minum.

Susunan Pemain:
Dortmund (3-5-2): Burki; Piszczek, Papastathopoulos, Schmelzer, Bartra, Ginter, Gotze, Schurrle, Weigl, Ramos, Aubameyang

Muenchen (4-3-3): Neuer; Lahm, Boateng, Hummels, Alaba, Alonso, Ribery, Alcantara, Kimmich, Muller, Lewandowski

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.