Sukses

Sean Gelael Bidik Podium di Bahrain

Ia tergabung dalam tim Extreme Speed Motosport.

Liputan6.com, Bahrain - Pembalap muda Indonesia Muhammad Sean Gelael bersama pembalap Perancis Tom Dillmann dan pembalap Belanda Giedo Van Der Garde akan memulai balapan ketahanan enam jam FIA World Endurance Championship dari posisi kelima di sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (20/11/2016). Meski demikian, para pembalap Jagonya Ayam KFC Indonesia yang tergabung dalam tim Extreme Speed Motosport ini tetap optimistis masih bisa meraih podium pada akhir balapan.

“Ya, kami selalu berada di posisi kelima sejak latihan pertama, kedua, ketiga dan kualifikasi. Akan tetapi, banyak faktor dalam balapan dan mudah-mudahan kita juga mampu mengambil keuntungan untuk bisa finis dan berdiri di podium,” kata Sean di situs resminya.

Hal yang sama diungkapkan Giedo. Mantan pembalap F1 di tim Caterham ini mengatakan, tim sudah bekerja keras sejak tiba di Bahrain. Hasil kualifikasi di posisi kelima memang belum terlalu memuaskan. Walau demikian, kesempatan untuk menyodok ke posisi depan masih terbuka lebar dalam balapan selama enam jam.

“Sepanjang hari kami bekerja keras. Air minum dan bensin menjadi sahabat kami. Mudah-mudahan, kami juga akan minum sampanye di podium,” ujar Giedo.

Dibanding dua balapan sebelumnya di sirkuit Fuji Speedway Jepang dan Shanghai Tiongkok, hasil kualifikasi kelima memang pencapaian yang paling minimal. Pada balapan di Fuji Speedway, Sean yang berkolaborasi dengan Antonio Giovinazzi dan Giedo memulai balapan dari posisi ketiga, namun finis di urutan keempat. Sementara di Shanghai, Sean, yang satu tim dengan Antonio dan Tom Blomqvist, start dari posisi ketiga dan finis di posisi kedua.
Pembalap Indonesia Sean Gelael (sean-gelael.com)
Sirkuit Sakhir dirancang oleh Herman Tilke. Sirkuit yang memiliki panjang lintasan 5,421 kilometer ini, didominasi trek-trek lurus yang panjang dan tikungan yang tajam. Sirkuit memiliki tantangan 15 tikungan.

Kemampuan mengendalikan mobil saat mengerem akan diuji.  Tikungan 14 harus diantisipasi oleh para pembalap yang dalam posisi memimpin. Kegagalan untuk keluar tikungan dengan cepat bisa membuat para pembalap tersalip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini