Sukses

Malaysia Tidak Lagi Menjadi Tuan Rumah Formula 1

Menurunnya penjualan tiket dan penonton televisi menjadi penyebab Malaysia tidak lagi mau jadi tuan rumah Formula 1 2018.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Malaysia memutuskan untuk tidak lagi menjadi tuan rumah balapan Formula 1 mulai 2018 mendatang. "Tidak lagi (menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1) setelah 2018," kata Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia Nazri Abdul Aziz seperti dilansir Reuters, Senin (21/11/2016).

"(Dari) perspektif jangka panjang, ini mungkin merupakan kesepakatan yang tepat karena lebih mahal dan tidak lagi atraktif," tambah Nazri.

Keputusan itu diambil pemerintah Malaysia karena menurunnya penjualan tiket dan penonton televisi.

Sementara itu, penguasa Formula 1 Bernie Ecclestone menyuarakan masa depan olahraga ini di Asia Tenggara. Kepada majalah Jerman, Bernie menyatakan Singapura tidak lagi ingin menjadi tuan rumah setelah kesepakatan saat ini habis pada tahun depan.

Grand Prix Malaysia terakhir kali diselenggarakan pada Oktober lalu. Saat itu, pembalap Australia Daniel Ricciardo meraih kemenangan perdananya musim ini.

Perusahaan minyak Malaysia, Petronas, merupakan sponsor utama untuk balapan Formula 1 di Kuala Lumpur. Perusahaan itu mendapat hantaman keras dari penurunan harga minyak dunia belakangan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.