Sukses

Wehrlein Menuju Sauber, Rio Haryanto Bela Manor Lagi?

Wehrlein sempat menjadi tandem Rio Haryanto selama 12 seri musim ini di Manor Racing.

Liputan6.com, Sepang - Teka-teka masa depan Rio Haryanto terus menjadi bahan perbincangan. Kini, namanya santer dilaporkan akan menjadi pembalap utama Manor Racing. Pasalnya, Manor besar kemungkinan akan ditinggal kedua pembalapnya saat ini.

Sebelumnya, Manor sudah dipastikan kehilangan Esteban Ocon untuk menjadi pembalap mereka di Formula 1 2017. Pembalap yang menggeser kursi Rio di Manor sejak GP Belgia 2016 itu akan menjadi pengemudi Force India di musim depan.

Kini, giliran Pascal Wehrlein yang dilaporkan bakal angkat kaki dari Manor. Seperti yang dilansir Autosport, Sauber mempertimbangkan nama Wehrlein untuk mengisi satu slot kursi pembalap utama yang kosong.

Pada awal pekan ini, mereka baru saja mengumumkan akan mempertahankan Marcus Ericsson. Sedangkan Felipe Nasr belum masuk dalam pertimbangan Sauber apakah harus dipertahankan atau tidak. Jika Nasr ditendang, Sauber berharap bisa menarik minat Wehrlein. Masalahnya, keputusan terkait masa depan Wehrlein ada di tangan Mercedes.

Pertemuan Khusus

Kabarnya, bos Mercedes Toto Wolff sudah melakukan pertemuan dengan Team Principal Sauber, Monisha Kaltenborn, untuk membahas soal Wehrlein. Bagi Sauber, kehadiran Wehrlein bisa saja membuka peluang untuk mereka menggaet sponsor di musim depan.

"Pascal layak tetap berada di Formula 1. Ia punya bakat untuk berada di level atas. Tapi, itu bukan keputusan saya. Ia adalah pembalap Mercedes. Meski begitu, kami dalam posisi yang bagus karena memiliki beberapa pilihan," kata Dave Ryan, Racing Director Manor.

Jika kepindahan Wehrlein benar-benar terealisasi, itu artinya kursi pembalap utama Manor tak berpenghuni. Bagi Rio, kepindahan Wehrlein bisa menjadi kabar bagus.

Pasalnya, pembalap asal Indonesia itu masih sibuk mencari tim yang akan diperkuatnya di musim depan. Semangat Rio pun masih sangat besar untuk kembali tampil di F1.

Tak Cuma-cuma

Meski begitu, besar kemungkinan Rio tak akan cuma-cuma begitu saja menjadi pembalap Manor. Kesepakatan yang paling memungkinkan adalah kembali menjadikan Rio sebagai pay driver.

Pada musim ini, Rio diturunkan menjadi pembalap cadangan setelah tak mampu melunasi kesepakatan 15 juta euro. Namun, lebih dari separuh musim F1 2016, Rio Haryanto turun bersama Manor karena sudah membayar 8 juta euro di awal tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.