Sukses

Menengok KBRI di Filipina Jelang Indonesia Vs Singapura

Wartawan olahraga asal Indonesia kunjungi KBRI Filipina yang terletak di Makati.

Liputan6.com, Manila - Bertandang ke Manila tidak salah jika kita mengunjungi 'rumah'nya orang Indonesia atau KBRI. Di sinilah pusat semua kegiatan bagi WNI yang sedang merantau di Filipina.

Kedutaan besar ini berada di daerah Makati yang merupakan kawasan elite di Manila. Sekelilingnya banyak berdiri gedung perkantoran dan mal yang mengingatkan pada kawasan SCBD di Jakarta.

Gedung Kedubes sendiri terkesan tua namun tetap terawat. Di depannya terdapat tiang bendera tempat merah putih berkibar.

Selain itu terdapat kendaraan umum khas Filipina yakni Jeepney. Bedanya Jeepney di KBRI ini sudah berhiaskan corak Indonesia.

Mobil Jeepney khas Filipina yang mejeng di KBRI (Liputan6.com/ Adyaksa Vidi)

Memasuki gedung, terdapat ruang tamu yang cukup luas. Hiasan Indonesia seperti patung khas Bali menyambut tamu yang datang.

Di lobi gedung terdapat lemari pajangan besar yang berisi ornamen ala Indonesia. Terdapat pula jajanan dan produk khas Indonesia yang beredar di Filipina.

Sebuah lemari berisi pajangan dan makanan khas Indonesia (Liputan6.com/ Adyaksa Vidi)

Di bagian belakang gedung terdapat masjid dan tempat menerima WNI yang sedang mengurus visa. Meski sederhana, setidaknya KBRI Manila bisa menjadi tempat melepas rindu sesaat WNI.

"Saya berterima kasih teman-teman media bisa mampir di sini. Biasanya yang datang hanya satu-dua mengurus masalah politik atau keamanan, namun sekarang olahraga," kata Duta Besar RI untuk Filipina,  Johny J Lumintang, Rabu (23/11/2016).

"Semoga saja kebersamaan ini terus terjaga. Saya juga berharap olahraga bisa terus mengharumkan nama bangsa," ucapnya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.