Sukses

Piala AFF: Kalah dari Thailand, Tren Semifinal Filipina Terhenti

Indonesia akan mendampingi Thailand ke babak semifinal Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta Filipina akhirnya gagal melaju ke babak semifinal Piala AFF 2016 setelah di laga terakhir menyerah 0-1 dari Thailand, Jumat (25/11/2016). The Azkals terhenti setelah di pertandingan lainnya, Indonesia justru menang 2-1 lawan Singapura.

Dengan kekalahan ini, tuan rumah Filipina hanya mampu mengemas dua poin dari tiga laga. Sedangkan tim Gajah Perang semakin kokoh di puncak klasemen dengan raihan poin sempurna, 9. Indonesia menyusul di urutan kedua dengan 4 poin.

Bertanding di Philippine Stadium, Thailand yang sudah memastikan tempat di semifinal tidak tampil dengan kekuatan utama. Pelatih Gajah Perang, Kiatisuk Senamuang, memilih memarkir sejumlah pemain intinya, termasuk striker andalannya, Teerasil Dangda. Meski demikian, Filipina yang tampil dengan kekuatan penuh tetap dibuat kesulitan.

Filipina sebenarnya mampu bertahan tanpa gol hingga babak pertama usai. Namun pada menit ke-81, Gajah Perang akhirnya berhasil menjebol gawang tuan rumah lewat aksi Sarawut Masuk. Memanfaatkan umpan P Deeprom, Sarawut tanpa kesulitan menggetarkan jala Tuan Rumah. Thailand unggul 1-0 dan mempertahankannya hingga peluit panjang.

Kekalahan ini membuat harapan Filipina mempertahankan tren lolos ke babak semifinal Piala AFF sejak 2010 lalu harus terhenti. Dengan torehan 2 poin dari tiga laga, The Azkals hanya mampu finis di posisi ketiga klasemen akhir Grup A. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini