Sukses

5 Fakta Menarik Indonesia Tekuk Singapura dan Lolos ke Semifinal

Indonesia akhirnya melaju ke semifinal usai mengalahkan Singapura dengan skor 2-1 di laga terakhir Grup A.

Liputan6.com, Jakarta Tim nasional (timnas) Indonesia akhirnya melaju ke babak semifinal Piala AFF 2016. Tim Merah Putih melaju setelah di laga pamungkas berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 1-2 di Rizal Stadium, Filipina, Jumat (25/11/2016).

Tambahan tiga poin membuat Indonesia berada di uruan kedua klasemen akhir Grup A dengan 4 poin. Sedangkan di posisi pemuncak masih ditempati oleh Thailand yang selalu menang di tiga pertandingan yang telah dilewati.

Keberhasilan Indonesia lolos ke semifinal tak lepas dari peran Thailand. Sebab di laga pamungkas, Gajah Perang yang mampu mengalahkan Filipina dengan skor 1-0. Hasil ini membuat tuan rumah harus puas di urutan ke-3 dengan 2 poin.

Indonesia sempat tertinggal 0-1 dari Singapura. Gol Khairul Amri pada menit ke-27 membuat pendukung Timnas deg-degan. Namun pada babak kedua, Andik Vermansyah yang tampil memukau akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Tendangan kerasnya memanfaatkan umpan Rizki Pora, menit 62 berhasil menggetarkan jala The Lions.

Imbang 1-1 belum membuat posisi Indonesia aman. Karena itu, pasukan Alfred Riedl terus berusaha menggempur pertahanan Singapura. Usaha Indonesia menjebol gawang Singapura akhirnya berbuah lagi. Pada menit ke-85, tendangan keras Stefano Lilipaly menggetarkan jala gawang Singapura dan membuat Indonesia berbalik unggul 2-1.

Skor ini bertahan hingga laga usai. Indonesia akhirnya memastikan tempat di babak semifinal Piala AFF 2016 setelah pada pertandingan lain, Filipina harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 0-1. Ini merupakan kali pertama Indonesia kembali ke fase knock out setelah gagal di babak final pada Piala AFF 2010 lalu.

Banyak fakta menarik yang mengiringi kemenangan timnas atas Singapura. Berikut ini lima di antaranya:

Gol Pertama Stefano Lilipaly

1. Gol Pertama Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly merupakan satu-satunya pemain naturalisasi yang dipanggil oleh Alfred Riedl pada Piala AFF 2016. Pemain klub Belanda,Telstar, itu baru masuk pemusatan latihan edisi terakhir yang berlangsung di Karawaci, Tangerang. Pemain berusia 26 tahun itu bergabung setelah Indonesia menyelesaikan dua uji coba melawan Vietnam dan Myanmar. 

Meski demikian, Riedl tetap memberi tempat di tim inti bagi Lilipaly. Kepercayaan itu akhirnya dibayar lewat gol yang disarangkannya ke gawang Singapura, malam ini. Dan ini merupakan gol pertama Lilipaly bersama Tim Merah Putih.

Gol Cantik Andik Vermansyah

2. Gol cantik Andik Vermansyah
Andik Vermansyah mencetak gol indah saat menyamakan kedudukan melawan Singapura. Tendangan first time-nya memanfaatkan umpan Rizki Pora berhasil menggetarkan jala The Lions. Gol ini juga sekaligus menjadi pelecut semangat Indonesia untuk bangkit sampai akhirnya berhasil berbalik unggul 2-1 lewat gol Stefano Lilipaly pada menit ke-85. 

Menariknya, bukan kali ini saja Andik mencetak gol indah ke gawang Singapura. Pada Piala AFF 2012 lalu, Andik juga berhasil menjebol gawang The Lions lewat tendangan jarak jauh sekaligus membawa Indonesia menang 1-0. Sayang di laga terakhir, Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia sehingga gagal melaju ke babak semifinal.

Perbaiki Rekor

3. Perbaiki Rekor atas Singapura
Singapura bukanlah lawan yang baru bagi Indonesia di Piala AFF. Sejak masih mengusung nama Piala Tiger hingga saat ini, Indonesia sudah 8 kali bertemu dengan The Lions.

Dalam tujuh pertemuan sebelumnya, empat kali Tim Garuda bertekuk lutut dan hanya sekali menang. Parahnya, Indonesia hanya mengemas enam gol. Artinya, menjebol gawang Singapura di Piala AFF bukan pekerjaan mudah.

Dengan kemenangan di Rizal Memorial Stadium Jumat (25/11/2016), Indonesia mulai memperbaiki rekor pertemuannya dengan Singapura. Kini Indonesia mengemas dua kali menang. Kemenangan sebelumnya diraih pada Piala AFF 2012.

Keropos tapi Lolos

4. Keropos tapi Lolos
Di Grup A, Indonesia jadi tim dengan pertahanan paling keropos. Tim Merah Putih telah kebobolan 7 gol dari tiga laga. Masing-masing lewat kekalahan 2-4 dari Thailand, hasil imbang 2-2 lawan Filipina, dan kemenangan 2-1 atas Singapura.

Beruntung, Indonesia memiliki lini depan yang subur. Sejauh ini, Tim Merah Putih telah mengemas enam gol. Torehan ini sama dengan Thailand yang menjadi juara grup dengan tiga kemenangan beruntun. Boaz sejauh ini masih menjadi top scorer bagi timnas Indonesia di Piala AFF 2016 dengan dua gol.

Tuah Stadion

5. Tuah Rizal Memorial
Stadion Rizal Memorial yang menjadi arena pertarungan Indonesia melawan Singapura punya memori indah bagi timnas Indonesia. Stadion ini menjadi saksi bisu keberhasilan Tim Merah Putih mengalahkan Thailand pada final SEA Games 1991 lalu. Saat itu, Indonesia menang 4-3 lewat adu penalti setelah bermain tanpa gol sepanjang 120 menit. Ini merupakan emas terakhir yang berhasil diraih Iondonesia dari cabang sepak bola pada ajang multievent se-Asia Tenggara itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini