Sukses

Rapor Pemain Timnas Indonesia Usai Tekuk Singapura

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Singapura berkat gol Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly.

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia sukses melaju ke semifinal Piala AFF 2016 secara dramatis usai mengandaskan 2-1 Singapura di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (25/11). Sempat tertinggal, mental pemain Garuda patut diacungi jempol

Sebenarnya, Indonesia tertinggal lebih dahulu dalam laga tersebut. Ini setelah Khairul Amri di menit ke-27. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Amri yang merangsek ke depan gawang mencetak gol lewat sepakan voli sembari meloncat.

Akan tetapi, Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly sukses jadi pahlawan. Keduanya sukses membawa Indonesia membalikkan keadaan pada paruh kedua.

Beberapa pemain lain cukup menanjak secara performa. Termasuk Yanto Basna yang kali ini bermain lebih sigap. Sukses ini membuat Indonesia mengamankan tiket semifinal Piala AFF 2016.

Berikut rapor pemain Timnas Indonesia versi Liputan6.com:

Rapor Pemain Timnas Indonesia

Kurnia Meiga (6,5): Meiga sebenarnya bermain bagus pada awal laga, salah satunya penyelamatan dari sundulan Hariss Harun . Namun, tangkapan yang kurang lengket acap jadi masalah. Tiga penyelamatan penting diciptakan Meiga di laga ini.

Benny Wahudi (5,5): Permainan Benny tak terlalu apik dalam laga ini. Dia hanya bermain 74 menit dan kemudian digantikan Manahati Lestusen.

Yanto Basna (7,0): Basna dalam laga ini tampak kokoh di lini belakang. Tak seperti dua laga awal, kali ini dia lebih sigap. Beberapa sapuan Basna juga membuat area pertahanan Indonesia cukup aman di babak kedua.

Fachruddin Ariyanto (7,0): Peran penting Fachruddin juga sama seperti Basna. Terlebih dia sukses menahan bola sepakan Khairul Amri menit ke-66.

Abduh Lestaluhu (7,5): Pergerakannya sukses merepotkan pertahanan Singapura dengan overlaping apik. Satu assist dia cetak kepada Andik Vermansah dalam laga ini.

Andik Vermansah (8,0): Andik bermain cukup apik. Mandul dalam dua laga, dia akhirnya pecah telur dengan sontekan indahnya yang berbuah gol menit ke-62.

Rapor Lini tengah

Rizki Pora (6,0): Rizky juga bermain lumayan baik. Namun, pergerakannya dari sisi kiri kurang maksimal. Kontribusinya untuk umpan silang kepada striker juga kurang maksimal.

Evan Dimas (6,0): Dipasangnya Evan dari awal sedikit menghidupkan lini tengah Indonesia. Namun, cedera yang sempat didapatinya melawan Filipina sedikit berpengaruh. Dia hanya bermain 58 menit.

Stefano Lilipaly (8,5): Lilipaly sukses jadi bintang dalam laga ini. Fano sukses cetak satu gol dengan 4 tendangan ke gawang. Operannya juga mencapai 84% akurasi dengan 51 yang sukses.

Bayu Pradana (6,0): Bayu cukup sukses menjalankan perannya sebagai jangkar. Dia bisa back-up Lilipaly yang lebih banyak membantu penyerangan.

Lini Depan dan Pemain Pengganti

Boaz Solossa (7,0): Boaz sukses beberapa kali merepotkan pertahanan Singapura. Tak mencetak gol memang, tetapi dia beberapa kali nyaris mencetak gol ke gawang Singapura.

Pemain pengganti

Zulham Zamrun (6,5): Masuk menit ke-78, Zulham sedikit mengubah permainan Indonesia. Bahkan, dia nyaris cetak gol setelah sepakannya bisa ditepis Hassan Sunny menit ke-87.

Manahati Lestusen (5,5): Manahati masuk menggantikan Benny Wahyudi untuk penyegaran. Setidaknya dalam 16 menit di lapangan, posisinya tak bocor.

Ferdinand Sinaga (6): Ferdinand Sinaga yang baru masuk menit ke-58 tak terlalu membawa dampak buat Indonesia. Dia kerap kesulitan menembus benteng pertahanan Singapura yang digawangi Daniel Bennett.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.