Sukses

Juara Grup B, Vietnam Tantang Indonesia di Semifinal AFF

Vietnam membungkam Kamboja dengan skor 2-1 di Wunna Theikdi Football Stadium, Sabtu (26/11/2016).

Liputan6.com, Hanoi - Vietnam memastikan diri keluar sebagai juara Grup B Piala AFF 2016. Sepuluh pemain Vietnam membungkam Kamboja dengan skor 2-1 di Wunna Theikdi Football Stadium, Sabtu (26/11/2016).

Tim besutan Nguyen Huu Thang bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ketujuh setelah bek Truong Dinh Luat mendapat kartu merah. Namun demikian, Vietnam malah bisa mencetak gol pada menit ke-20 berkat Le Cong Vinh.

Bermaksud menyamakan kedudukan, gawang Kamboja malah kebobolan. Nub Tola malah mencetak gol bunuh diri setelah berniat menghentikan serangan Vietnam pada menit ke-50.

Kamboja baru bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-65 melalui Chrenrng Polroth. Skor 2-1 untuk kemenangan Vietnam bertahan hingga pertandingan berakhir.

Vietnam pun keluar sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna, sembilan poin. Mereka bakal menghadapi Indonesia yang keluar sebagai runner-up Grup A.

Babak semifinal Piala AFF menggunakan format home and away, Indonesia bakal menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada 3 Desember mendatang. Empat hari kemudian, Vietnam bakal menjamu Indonesia.

Sebelum Piala AFF 2016, Vietnam dan Indonesia melakukan uji coba hingga dua kali. Pada 9 Oktober, Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Vietnam di Sleman. Sementara saat bermain di My Dinh Stadium, Vietnam menang 3-2 atas Indonesia.

Myanmar Bungkam Malaysia

Myanmar lolos ke semifinal setelah menjadi runner-up Grup B. Myanmar menang tipis 1-0 atas Malaysia di Thuwanna YTC Stadium, Yangon, Sabtu (26/11/2016) pada laga terakhir babak penyisihan Grup B.

Gol kemenangan tim besutan Gerd Zeise itu tercipta pada menit ke-89 berkat aksi David Than. Gol itu membuat Myanmar meraih enam poin.

Di babak semifinal, Myanmar bakal menantang Thailand yang keluar sebagai juara Grup A. Myanmar bakal menjamu Thailand terlebih dahulu pada 4 Desember 2016. Empat hari setelahnya, Thailand akan menjamu Myanmar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.