Sukses

10 Fakta Menarik Pekan ke-30 TSC 2016

Perseru Serui satu-satunya klub yang sukses berpesta gol dalam pekan ke-30 ini.

Liputan6.com, Jakarta Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, presented by IM3 Ooredoo, kini sudah memasuki pekan terakhir. Di pekan ke-30 ini, ada 10 fakta menarik yang menghiasi pagelaran akbar sepak bola Indonesia tersebut.

Sorotan pada pertandingan pekan itu, jelas tertuju kepada Arema Cronus, Persipura Jayapura, dan Madura United. Sebab, ketiga klub inilah yang paling berpeluang besar merebut takhta juara akhir musim nanti.

Hal menarik lain adalah keberhasilan Pusamania Borneo FC yang meraih kemenangan telak 6-1 saat menjamu Perseru Serui. Sebab, hanya mereka klub yang sukses pesta gol dalam pekan ke-30 ini.

Berikut ini sejumlah fakta menarik yang terjadi pada pekan ke-27 TSC 2016 yang Liputan6.com rangkum:

1. Pekan ke-30 total hanya tercipta 26 gol. Ini mengalami peningkatan jika dibanding dengan pekan ke-29 yang tercipta hanya tercipta 22 gol saja.

2. Pemain lokal lebih berjaya dalam pekan ini. Total, ada 16 gol yang lahir dari kaki serta kepala pemain lokal, dan hanya 10 yang disumbangkan pemain asing.

3. Hamka Hamzah kini tercatat sebagai defender tersubur di TSC 2016 dengan 8 gol.

4. Pedro Javier, penyerang Pusamania Borneo FC mencetak hat-trick pertama di TSC 2016. Tiga golnya ini dicetak pada saat melawan Perseru Serui.

Top Skorer

5. Empat top skorer sementara yang berada di atas semua bomber asing dan sama-sama berasal dari Brasil. Mereka adalah Alberto Goncalves (Sriwijaya FC - 19 gol), Marcel Sacramento (Semen Padang - 18 gol), Luis Carlos Junior (Barito - 16 gol), dan  Thiago Furtuoso (Bhayangkara FC - 15 gol).

6. M Robby adalah satu-satunya pemain yang melakukan bunuh diri pada pekan ke-30 ini. Gol bunuh dirinya itu memaksa Barito Putera gagal curi poin penuh di markas Sriwijaya FC.

7. Persija Jakarta yang pada 28 November ini berulang tahun ke-88, hanya mempersembahkan hasil imbang. Ini setelah mereka ditahan 1-1 oleh Bhayangkara FC di Stadion Manahan.

8. Untuk kali pertama, Bali United akhirnya meraih kemenangan tandang beruntun di TSC 2016. Setelah pekan lalu menang di markas PS TNI, kali ini mereka curi poin penuh di kandang Gresik United.

9. Mengalahkan Perseru 6-1, adalah kali pertama PBFC cetak enam gol di TSC 2016. Ini memecahkan rekor mereka sebelumnya kala membantai 5-0 Gresik United 17 Juni lalu. (I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.