Sukses

Lawan Vietnam Riedl Tak Pedulikan Soal Formasi Timnas Indonesia

Saat kalah dari Thailand pada laga perdana Grup A, Riedl menggunakan format 4-4-2.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang melakoni petualangan di Grup A Piala AFF 2016, pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl selalu gonta-ganti formasi. Besar kemungkinan hal itu juga akan dilakukan saat timnas melawan Vietnam.
 
Saat kalah 2-4 dari Thailand pada laga perdana Grup A, Riedl menggunakan format 4-4-2 dengan menduetkan Boaz Solossa dan Lerby Eliandry di lini depan. Saat bermain imbang 2-2 melawan Filipina, Riedl menerapkan skema yang sama, yakni 4-4-2.
 
 
Perubahan yang dilakukan Riedl di laga itu adalah masuknya Evan Dimas Darmono untuk menggantikan Bayu Pradana .
 
Perubahan mencolok dilakukan saat menang 2-1 atas Singapura. Kali ini, pelatih berusia 67 tahun itu menerapkan skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Evan Dimas, Andik Vermansyah, dan Rizky Pora di belakang Boaz
 
Itu mengapa banyak yang menduga Riedl akan kembali melakukan perubahan saat melawan Vietnam pada leg pertama semifinal di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016). Saat ditanya soal itu, Riedl memiliki jawabannya sendiri.
 
"Formasi bukan hal penting bagi kami. Terpenting adalah berapa pemain yang ada saat menyerang, berapa pemain yang ada saat kehilangan bola, dan berapa pemain yang ada saat bertahan. Itu mengapa saya bilang formasi bukan hal penting," tegas Riedl usai sesi latihan di Stadion Pakansari, Selasa (29/12/1/2016).
 
Pada leg pertama nanti, timnas dipastikan tak akan diperkuat dua bek tengah andalannya. Fachrudin Aryanto dan Rudolof Yanto Basna terpaksa absen akibat amulasi kartu kuning.
 

Peluang

Bicara peluang, timnas bisa saja mengejutkan kekuatan Vietnam yang dilatih Nguyen Huu Thang. Buktinya, timnas bisa mengimbangi Vietnam dengan skor 2-2 saat bertemu pada laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Oktober lalu.
 
Begitu juga saat skuat Merah Putih gantian bertandang ke markas Vietnam, 9 November 2016. Meski akhirnya kalah 2-3, timnas sempat dua kali unggul atas Vietnam.

Namun, saat ditanya mengenai keyakinan dirinya soal peluang pada duel kali ini, Riedl menjawabnya dengan nada bercanda. "Keyakinan kami untuk menang antara Vietnam antara 1-100%," ucap Riedl sambil tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.