Sukses

Dilema Kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga atau Andritany?

Kiper utama timnas adalah Kurnia Meiga. Masalahnya, ia sedang dalam sorotan setelah kebobolan tujuh gol di babak penyisihan grup.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak permasalahan yang harus dibenahi pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, sebelum laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016). Salah satunya adalah sektor kiper.

Padahal, saat ini Riedl sedang dipusingkan dengan absennya dua bek tengah timnas karena akumulasi kartu. Mereka adalah Fachrudin Aryanto dan Rudolof Yanto Basna. Hingga latihan perdana jelang melawan Vietnam pada Selasa (29/11/2016), Riedl belum bisa memutuskan siapa penggantinya.

Untuk saat ini, pelatih berusia 67 tahun tersebut memang memiliki tiga stok sebagai pengganti Fachrudin dan Basna. Adalah Manahati Lestusen, Hansamu Yama, dan Gunawan Dwi Cahyo yang bisa dipertimbangkan.

Namun, hal itu bukan satu-satunya pekerjaan yang dilakukan Riedl sekarang. Pasalnya, Riedl juga sedang dipusingkan dengan kiper yang bisa dipercaya mengawal gawang timnas saat menghadapi Vietnam nanti.

Sejak awal laga Grup A, kiper utama timnas adalah Kurnia Meiga. Masalahnya, rapor kiper Arema Cronus itu juga sedang dalam sorotan setelah kebobolan tujuh gol dari tiga laga Grup A. Nama Andrittany Ardhiyasa, kiper Persija Jakarta, pun mulai disebut-sebut akan menggantikan peran Kurnia Meiga.

"Vietnam adalah tim yang mengandalkan kecepatan. Postur pemain mereka kecil-kecil. Artinya, mereka akan lebih banyak mengandalkan true pass," kata pelatih kiper timnas, Gatot Prasetyo, di Hotel Lor In Sentul.

"Dalam kondisi itu, kita membutuhkan kiper yang memiliki kecepatan. Kiper yang juga bisa berperan sebagai libero. Saya melihat hal ini ada dalam diri Andritany. Jadi, saya menyarankan namanya kepada Riedl. Soal siapa yang dipasang nanti, semua keputusan ada di tangan pelatih,"Gatot menambahkan.

Keputusan di Tangan Riedl

Sebelumnya, Riedl sendiri tak mengeluhkan jumlah kebobolan yang sudah bersarang di gawang kawalan Kurnia Meiga. Bahkan, ia memuji kualitas kedua kiper timnas tersebut.

"Kita beruntung memiliki dua kiper hebat dengan kualitas yang sama. Untuk pertandingan melawan Vietnam, persoalan siapa yang akan bermain adalah urusan saya," ujar Riedl.

Untuk memecahkan masalah tersebut, Riedl tentu akan memaksimalkan jeda waktu sebelum laga leg pertama digulir. Setidaknya, ia masih memiliki waktu dua hari untuk menggelar latihan intensif sebelum agenda uji coba lapangan pada Jumat (2/12/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.