Sukses

Wujud Dukacita, Atletico Nacional Serahkan Gelar Juara

Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) menangguhkan segala kegiatan menyusul kecelakaan pesawat di Kolombia.

Liputan6.com, Medelin - Kabar duka tengah menghinggapi sepak bola Brasil, dan khususnya klub Chapecoense. Tim mereka mendapat musibah menyusul pesawat yang ditumpangi mengalami kecelakaan. Musibah ini terjadi setelah pesawat terjatuh di kawasan pegunungan dekat Medellin, Kolombia, Selasa 29 November 2016.

Pesawat sewaan ini mengangkut 81 orang yang terdiri dari atlet, reporter, dan sembilan awak kabin. Klub Chapecoense rencananya akan bermain melawan klub Kolombia Atletico Nacional de Medellin di putaran pertama final Copa Sudamericana, Rabu 30 November 2016 di Medellin.

Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) menangguhkan segala kegiatan, termasuk penyelenggaraan dua leg final Copa Sudamericana.

Sementara itu, sikap terhormat ditunjukkan calon lawannya Atletico Nacional de Medellin. Menyusul kecelakaan pesawat itu, Atletico Nacional meminta CONMEBOL memberikan gelar juara Copa Sudamericana kepada klub asal Brasil itu.

"Setelah memikirkan aspek kemanusiaan, kami memikirkan pula aspek kompetitif dan kami ingin mengeluarkan pernyataan ini bahwa Atletico Nacional meminta kepada Conmebol agar memberikan gelar juara Copa Sudamericana untuk Chapecoense sebagai bentuk penghormatan atas kehilangan mereka; serta menghargai para korban kecelakaan fatal yang menyebabkan dunia sepak bola berduka," demikian bunyi pernyataan klub.

Sejauh ini, belum ada keputusan terkait permintaan Nacional. Namun, publik sepak bola memuji langkah klub Kolombia itu.

Sedianya, kedua tim berjumpa pada leg pertama final, Rabu ini, di Medellin. Nahas, pesawat yang mengangkut skuat Chapecoense mengalami musibah dan jatuh. Sebanyak 71 orang penumpang tewas dan hanya enam yang selamat.

Sebelumnya, pemerintah Brasil menetapkan tiga hari berkabung nasional. Sementara, putaran final Seri A musim kompetisi sepak bola Brasil ditunda satu minggu.

Konfederasi sepak bola Brasil (CBF) menjelaskan, rangkaian pertandingan akan diundur menjadi tanggal 11 Desember 2016. Begitu pula, final Copa do Brasil antara Gremio dan Atletico Mineiro, yang sedianya akan dilangsungkan pada Rabu ini dijadwalkan ulang menjadi 7 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.