Sukses

3 Duel Timnas Indonesia Vs Vietnam yang Tak Terlupakan

Duel Indonesia vs Vietnam menyajikan beberapa momen yang sulit dilupakan.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia tentu bakal habis-habisan kala bersua dengan Vietnam dalam laga semifinal leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016). Namun, sebelum menyaksikan pertandingan seru nanti, ada tiga momen menarik yang pernah terjadi dari duel kedua klub ini.

Kedua negara sendiri memiliki sejarah panjang di kancah sepak bola Asia Tenggara. Mereka pertama kali bertemu pada 1957 saat Vietnam masih terbagi dua negara, yakni South Vietnam dan North Vietnam.

Timnas menghadapi Vietnam yang sudah bersatu sejak 1991. Tak kurang 20 kali pertandingan yang sudah dilakoni kedua tim sejak itu.

Dari 20 pertandingan, ada 3 momen yang setidaknya bisa disebut paling menarik. Itu bisa dilihat dari sengitnya pertandingan sampai momen-momen indah saat timnas Indonesia menang. Laga apa saja? Berikut daftarnya seperti terangkum di tiga halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piala AFF 1996

Piala AFF 1996

Pada gelaran perdana Piala AFF ini, kedua tim sudah dua kali bersua. Pertama, pada babak penyisihan grup, dan selanjutnya di perebutan tempat ketiga.

Dalam babak grup, laga tak terlalu seru. Lantaran kedua tim sudah sama-sama pasti lolos dan hanya menentukan juara grup saja. Kala itu, laga berakhir 1-1 setelah aksi Kurniawan Dwi Yulianto menit ke-43 disamakan gol penalti Vo Hoang Buu di menit ke-77.

Akan tetapi, laga seru terjadi di perebutan posisi ketiga. Kala itu, kedua tim sama-sama ingin meraih hadiah pelipur lara lantaran gagal di semifinal. Indonesia kala itu sempat tertinggal dua gol lewat Huyn Coung dan bunuh diri Yeyen Tumena.

Garuda sempat bangkit diawali dengan Kurniawan. Namun apa daya, Vietnam kembali bobol gawang Indonesia menit ke-73 melalui Hoang Buu dan Garuda hanya bisa perkecil lewat Aples Tecuari. Saat itu, timnas Indonesia harus puas rebut posisi empat saja.

3 dari 4 halaman

Piala AFF 2004

Piala AFF 2004

Edisi 2004 memang bisa dibilang masa keemasan Skuat Garuda. Ya, dalam gelaran ini, Skuat Garuda sangat perkasa.

Sukses gulung 6-0 Laos, timnas yang kala itu diarsiteki Peter White juga sukses permalukan Vietnam 3-0 di depan fans mereka sendiri. Ini cukup istimewa lantaran memastikan Indonesia juara grup saat itu.

Ini bisa dibilang menjadi kemenangan besar satu-satunya yang pernah diraih Indonesia atas Vietnam. Tiga gol itu masing-masing disumbangkan  Mauly Lessy, Boaz Salossa dan Ilham Jayakusuma.

Boaz sendiri kini kembali menjadi pilar bagi timnas Indonesia. Dia juga membobol gawang Vietnam saat uji coba di Hanoi pada Oktober lalu.

4 dari 4 halaman

Piala AFF 2007

Piala AFF 2007

Piala Tiger 2007 menjadi masa suram bagi Indonesia. Ini adalah kali pertama Indonesia tak lolos dari fase grup kala itu. Vietnam jadi salah satu penyebabnya.

Skuat Garuda sebenarnya sukses mengawali turnamen dengan kemenangan 3-1 atas Laos. Namun, Vietnam berhasil menahan laju Indonesia. Kebobolan lebih dahulu lewat gol bunuh diri Supardi Nasir, Indonesia nyaris kalah.

Beruntung Saktiawan Sinaga menyelamatkan muka Indonesia lewat golnya di penghujung pertandingan. Sayang, Skuat Garuda hanya mampu meraih hasil imbang lagi saat melawan Singapura. Dengan satu kemenangan dan dua imbang, Skuat Garuda harus puas duduk di peringkat tiga grup.

I, Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.