Sukses

Sering Latih Timnas, Bagaimana Kemampuan Bahasa Indonesia Riedl?

Liputan6.com, Bogor - Alfred Riedl sudah sering menangani Timnas Indonesia. Tiga edisi Piala AFF yang berbeda yakni, 2010, 2014, dan 2016, Riedl selalu menukangi Tim Garuda.

Kendati Indonesia bukan negara yang asing baginya, Riedl hingga kini selalu berbahasa Inggris saat diwawancara. Kendati kerap menetap, bagaimana sesungguhnya kemampuan bahasa Indonesia Riedl?

Menurut pengakuan pelatih asal Austria ini, dia masih amat kesulitan bicara dengan bahasa Indonesia. Orang-orang di sekeliling Riedl selama menangani Timnas Indonesia juga lebih banyak menggunakan bahasa Inggris.

"Kontrak yang terlalu pendek, sehingga saya tidak cukup punya waktu belajar bahasa Indonesia. Itu satu-satunya alasan," ungkap Riedl kepada Liputan6.com melalui surat elektronik.

Indonesia berhadapan dengan Vietnam di semifinal Piala AFF 2016. Tim Garuda menjamu The Golden Stars lebih dulu di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016), dalam leg pertama. Lalu, pada 7 Desember 2016 giliran Indonesia bertandang ke Vietnam untuk semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi.

Pelatih berusia 67 tahun ini berencana pensiun setelah gelaran Piala AFF 2016. Usia yang sudah senja dan riwayat penyakit ginjal diyakini menjadi alasan Riedl memutuskan bakal pensiun sebagai pelatih.