Sukses

Pelatih Indonesia Puji Vietnam Jelang Semifinal Piala AFF 2016

Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada babak semifinal yang berlangsung di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016).

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Tim Nasional (timnas) Indonesia, Alfred Riedl, menganggap timnas Vietnam sebagai lawan tangguh yang akan dihadapi di leg pertama semifinal Piala AFF 2016 yang akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12/2016). Riedl menilai, The Golden Star--julukan timnas Vietnam--tim terbaik kedua yang mengikuti turnamen ini.

Riedl untuk kali ketiga memimpin skuat Indonesia di Piala AFF. Sebelumnya, pelatih asal Asutria tersebut juga menangani tim Garuda saat tampil pada Piala AFF 2010 dan 2014. Tahun ini, Riedl kembali berpeluang mengulang sukses enam tahun lalu, membawa Indonesia melaju ke final. Syaratnya, Riedl dan pasukannya harus mampu melewati adangan Vietnam.

Sebelum bertemu di semifinal, Indonesia dan Vietnam sempat bertemu dua kali di laga uji coba. Pada pertandingan pertama yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Oktober lalu, Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2. Namun pada laga kedua yang berlangsung di Hanoi, Tim Merah Putih keok dengan skor tipis 2-3.

"Menurut pendapat saya, mereka tim kedua terbaik di Asia Tenggara setelah Thailand," kata Riedl seperti dilansir situs resmi AFC Cup. "Mereka tim yang berpengalaman. Pelatihnya (Nguyen Huu Than) yang tidak lain adalah mantan kapten saya di tim sebelumnya, melakukan tugas yang baik di sana (timnas Vietnam)," kata Riedl menambahkan.

Riedl memang bukan asal bicara. Sebab kualitas Vietnam sudah terlihat sejak mereka tampil di babak penyisihan. Vietnam merupakan juara grup B yang selalu menang di tiga laga yang dilewati di babak penyisihan. Bahkan, di laga terakhir, Vietnam yang bermain dengan 10 pemain masih mampu mengalahkan timnas Kamboja dengan skor tipis 2-1.

Sebaliknya, Indonesia sempat terseok-seok di babak penyisihan. Kalah 2-4 dari Thailand, peluang Indonesia nyaris sirna saat di laga kedua hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Filipina. Beruntung di laga terakhir melawan Singapura, Indonesi sempat tertinggal 0-1 sebelum bangkit dan berbalik unggul 2-1 lewat Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly.

"Akan sangat sulit bagi kami melaju ke final. Mereka mungkin sedikit lebih baik dari kami, tapi mereka harus membuktikannya," kata Riedl.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar

    Piala AFF 2016