Sukses

10 Fakta Menarik Indonesia Vs Vietnam

Indonesia sudah tujuh kali berlaga di semifinal.

Liputan6.com, Jakarta- Tim nasional Indonesia (timnas) harus bertemu Vietnam, salah satu favorit juara Piala AFF 2016 dalam babak semifinal leg pertama, pada Sabtu (3/12/2016) malam nanti. Kedua tim punya catatan penampilan yang bertolak belakang sejak babak penyisihan grup.

Skuat Garuda tentu diunggulkan dalam laga ini. Selain karena bermain di markas sendiri, mereka juga unggul dalam hal rekor pertemuan.

Dari 20 pertemuan sebelumnya, Indonesia masih unggul head-to-head, dengan catatan tujuh kali menang, delapan kali imbang, dan lima kali menelan kekalahan.

Di lain pihak, Vietnam bukanlah tim sembarangan. Mereka juga baru saja meraih kemenangan atas Indonesia dalam pertemuan terakhir.

Itu hanya sebagian saja fakta yang menarik. Untuk itu, Liputan6.com mencoba menyimpulkan 10 fakta lainnya. Berikut fakta menariknya:

1. Indonesia sendiri baru sekali kalah dalam ajang Piala AFF. Dalam tujuh laga, terakhir kali kalah terjadi pada 15 September 1996 silam kala Indonesia takluk 2-3 di perebutan tempat ketiga.

2. Indonesia sudah tujuh kali berlaga di semifinal. Cukup sering melaju ke partai puncak, yakni sebanyak empat kali di antaranya.

3. Boaz dan Zulham menjadi pemain yang akrab membobol gawang Vietnam dalam skuat Indonesia kali ini. Kedua pemain ini sudah mencetak dua gol ke gawang Golden Stars.

4. Vietnam sendiri dihantui mitos juara grup. Tiga kali lolos ke semifinal sebagai juara grup, ketiganya gagal melaju ke laga final.

5. Dalam laga nanti, skuat Garuda tak akan diperkuat dua bek tengahnya, yakni Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto, karena skorsing.

6. Kedua tim sama-sama saling mencetak gol dalam tiga laga terakhir. Minimal gol yang tercipta dalam satu laga, ada empat gol.

7. Vietnam sendiri belum terkalahkan dalam delapan laga pertandingan secara beruntun.

8. Sedangkan Indonesia selama 2016 ini baru meraih dua kemenangan. Satu lawan Malaysia di laga uji coba, kemudian kontra Singapura di laga pamungkas grup A.

9. Hanya Avispa Fukouka yang bisa bikin Vietnam gagal cetak gol dalam delapan laga terakhirnya.

10. Satu-satunya skor mencolok terjadi saat Indonesia menang 3-0 atas Vietnam. Ini terjadi pada 2004 lalu, lewat gol Mauly Lessy, Boaz.

(Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.