Sukses

Fans Barca Akan Kibarkan 30 Ribu Bendera Estelada di Camp Nou

Hal ini dilakukan saat Blaugrana menjamu Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016) malam WIB.

Liputan6.com, Barcelona - Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) tidak pernah memberikan ruang untuk politik masuk ke ranah sepak bola. Namun, himbauan itu sepertinya tidak dihiraukan publik Catalan.

Seperti diberitakan Marca, sekira 100 fans Barcelona akan mengibarkan sebanyak 30 ribu bendera Estelada di dalam stadion Camp Nou. Tepatnya saat Blaugrana menjamu Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016) malam WIB.

Pengibaran ini mendapat dukungan dari Catalan National Assembly (ANC), omnium budaya, dan pro Catalan. Bahkan ketiganya telah memberikan sikap mereka dalam konferensi pers.

"Kami sudah memberikan informasi kepada media bahwa kami ingin mengisi tribun dengan mengibarkan bendera Estelada."
 
Bendera Estelada adalah simbol pro-kemerdekaan Catalan dari Spanyol. Selama ini, bendera tersebut dianggap sebagai simbol perlawanan rakyat Catalan dan usaha untuk memerdekakan diri.

UEFA tentu memandang ini sebagai tindakan yang melanggar, namun sepertinya rakyat Catalan tak gentar untuk menyuarakan aspirasi mereka. Meski demikian, belum diketahui berapa lama bendera tersebut akan bertahan di Camp Nou.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid