Sukses

5 Pemain Berpotensi Jadi Kunci Kemenangan Indonesia Vs Vietnam

Peluang timnas Indonesia tentu saja terbuka lebar, karena akan tampil di hadapan suporter sendiri.

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia bakal berjuang habis-habisan dalam semifinal leg perdana Piala AFF 2016 lawan Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12). Laga ini wajib dimenangkan, sebagai modal untuk laga kedua di Hanoi, 7 Desember mendatang.

Peluang timnas Indonesia tentu saja terbuka lebar, karena akan tampil di hadapan suporter sendiri. Apalagi, mereka tengah menggebu-gebu membalas kekalahan 2-3 dari Vietnam di Hanoi dalam laga uji coba sebelum Piala AFF.

Sejauh ini, timnas Indonesia sudah menjalani tiga laga di Piala AFF 2016. Dalam laga itu, sudah cukup terlihat lima nama yang bisa saja jadi sosok pembeda dalam laga nanti.

Lima pemain ini berperan di masing-masing posisinya. Hal ini juga dilihat dari track record-nya saat perkuat Skuat Garuda.

Berikut Liputan6.com mencoba memunculkan lima nama kandidat tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Boaz memang selalu muncul di posisi teratas kala menghadapi Vietnam. Bukan tanpa alasan, pemain Persipura Jayapura ini bisa dibilang akrab dengan gawang Vietnam.

Dia hanya kalah dari Kurniawan Dwi Yulianto soal membobol gawang Vietnam. Bila Boaz sudah cetak dua gol, maka Kurniawan sudah tiga gol.

Aksinya tentu dinantikan lagi untuk Skuat Garuda. Mengingat 2016 ini dia sudah cetak empat gol bagi SKuat Garuda.

3 dari 6 halaman

Andik Vermansyah

Andik memang belakangan perannya sangat vital bagi Skuat Garuda. Apes di dua laga, Andik membuktikan diri saat melawan Singapura.

Ya, pemain mungil ini jadi sosok kunci kelolosan Skuat Garuda ke Semifinal. Tertinggal 0-1 lawan Singapura, Andik sukses mencetak gol penyama kedudukan dengan manis sekaligus membangkitkan moril dan mental anak asuh Riedl.

Selama perkuat timnas, Andik ternyata pernah membobol gawang The Golden Stars. Namun, ini dia cetak saat memperkuat timnas U-21. Kala itu, dia menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan 2-0 Indonesia atas Vietnam pada ajang Piala Hassanal Bolkiah.

4 dari 6 halaman

Zulham Zamrun

Zulham memang jarang mendapat tempat inti di timnas pada Piala AFF 2016 ini. Dia kalah bersaing dengan Rizky Pora dan Andik Vermansyah.

Akan tetapi, kalau dia diberikan kesempatan dalam laga nanti, bukan tak mungkin bakal melejit. Bukan cuma prediksi, pasalnya dia salah satu pemain yang juga jadi momok bagi Vietnam.

Pemain Persib Bandung ini ternyata juga pernah mencetak dua gol ke gawang Vietnam. Ini berarti dia sejajar dengan Boaz Solossa. Dua golnya itu dicetak pada Piala AFF 2014 lalu kala Indonesia seri 2-2 di Hanoi. Kemudian sebiji golnya lagi, dicetak dengan indah melalui tendangan bebas pada laga uji coba di Sleman 9 Oktober lalu.

5 dari 6 halaman

Abduh Lestaluhu

Abduh memang hanya berposisi sebagai bek sayap kiri. Namun nyatanya overlap yang kerap dilakukannya membuat kejutan di bek lawan.

Ya, buktinya dia sukses mencetak satu assist sepanjangan Piala AFF kali ini. Umpan manisnya kepada Andik sukses membawa Indonesia terbang ke semifinal.

Penampilannya yang konsisten membuat dia mengunci posisi bek kiri. Padahal, ada nama lain yang juga bagus, yakni Abdul Rachman. Overlap-nya kembali dinantikan timnas saat melawan Vietnam di Pakansari nanti.

6 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Kehadiran Fano di Skuat Alfred Riedl kali ini memang sangat memberikan dampak. Dia memberi warna di lini tengah Indonesia.

Sepanjang edisi kali ini, mantan pemain Persija Jakarta tersebut sukses mencetak satu gol dan satu assist. Ini membuktikan bahwa Fano bisa jadi pembeda dalam laga nanti.

Apalagi, dia bisa dibilang jadi andalan Riedl. Bahkan, Riedl selalu memasangnya, baik itu diduetkan dengan Evan Dimas, maupun Bayu Pradana. Menarik dinantikan aksinya dalam laga nanti.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.