Sukses

Indonesia Vs Vietnam: Adu Tajam Boaz Vs Le Cong Vinh

Boaz telah mengoleksi 38 caps dengan 12 gol untuk timnas Indonesia.

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia bakal menjalani laga penentuan dalam laga semifinal leg pertama Piala AFF 2016 menghadapi Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (03/12). Boaz Solossa bakal jadi andalan lini depan Indonesia bakal ditantang striker gaek Vietnam Le Cong Vinh.

Menatap laga ini, timnas Indonesia butuh kemenangan sebagai modal melangkah ke partai puncak. Kemenangan bakal jadi bekal jelang lawatan ke Hanoi, 7 Desember 2016,

Untuk itu, pasukan Alfred Riedl kali ini mencoba banyak bertumpu kepada Boaz. Sentuhan ajaibnya diharapkan akan memberi magis bagi timnas Indonesia.

Sementara di lain sisi, Vietnam tentu mengharapkan aksi impresif dari Le Cong Vinh. Sebab, mereka saat ini juga berharap bisa menang atau setidaknya imbang seperti yang dilakukan pada uji coba di Sleman beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tumpuan Timnas Indonesia

Boaz memang belakangan jadi tumpuan bagi Skuat Garuda. Dalam fase Grup dia sukses mencatatkan 2 gol dan satu assist untuk timnas Indonesia.

Ketajaman serta insting mencetak gol yang tinggi diharapkan kembali mampu tercipta dalam laga nanti. Sepanjang berseragam Garuda di dada, Boaz sendiri mengoleksi 38 caps dengan 12 gol.

Apalagi, Boaz terkenal cukup apik kala melawan Vietnam. Sejak memulai debutnya pada Piala AFF 2004 silam, Boaz memang langsung dipertemukan dengan Vietnam. Bahkan, dalam gelaran pertamanya itu, Boaz yang masih berusia 18 tahun sukses mencetak gol ke gawang The Golden Stars.

Satu golnya lagi dicetak saat Indonesia kalah 2-3 di Hanoi.  Dia berhasil mencetak gol pembuka meski Indonesia meski gagal bawa Indonesia menang.

3 dari 3 halaman

Sering Mengejutkan

Sementara di lain sisi. Le Cong Vinh juga cukup berbahaya bagi Skuat Garuda. Sama seperti Boaz, Cong Vinh juga andalan utama bagi The Golden Stars.

Sepanjang Piala AFF 2016 ini, dia sudah mengemas dua gol untuk Vietnam. Melawan Indonesia, nyatanya dia juga seringkali mengejutkan.

Tercatat, Cong Vinh sudah dua kali membobol gawang Indonesia. Pertama dia cetak saat bermain imbang 2-2 di Piala AFF 2014, kemudian satu golnya lagi diperoleh saat Indonesia takluk 2-3. Cong Vinh sukses membalas gol Boaz Solossa kala itu.

So, jelas memang kedua pemain ini sama-sama akrab membobol masing-masing lawannya. Patut dinantian, siapa yang bakal jadikan laga nanti sebagai panggungnya.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.