Sukses

Perbandingan Kisah Indonesia dan Vietnam di Fase Grup Piala AFF

Sepanjang perjalanannya di fase grup, Skuat Garuda sudah tiga kali tampil sebagai juara grup.

Liputan6.com, Bogor - Semifinal leg Piala AFF 2016 ini memunculkan dua negara yang sangat memiliki sejarah panjang di sepak bola Asia Tenggara, yakni Indonesia dan Vietnam. Bukan tanpa alasan, kedua negara ini selalu unjuk kekuatan kala berlaga dari fase grup.

Skuat Garuda memang belakangan prestasinya menurun. Sejak 2012 lalu, ini adalah kali pertama Indonesia lolos ke semifinal setelah dua kali beruntun absen.

Sepanjang perjalanannya di fase grup, Skuat Garuda sudah tiga kali tampil sebagai juara grup. Sedangkan, untuk lolos ke semifinal sebagai runner-up, diraih Indonesia sebanyak lima kali, dan tiga kesempatan gagal lolos.

Hal yang tak jauh berbeda juga diraih oleh Vietnam. Tak jauh berbeda, Vietnam juga total sudah 9 kali lolos dalam 11 edisi Piala AFF. Rinciannya, Skuat The Golden Stars sukses mengamankan lima kali juara grup, dan empat runner-up. Sedangkan, mereka sudah dua kali gagal melaju ke semifinal.

Berikut adalah perbandingan perjalanan kedua negara di fase grup Piala AFF:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbandingan Perjalanan Indonesia dan Vietnam di Fase Grup

Perbandingan Perjalanan Indonesia dan Vietnam di Fase Grup

Piala AFF 1996: Indonesia Juara Grup A, Vietnam Runner-up. Skuat Garuda sendiri sukses meraih tiga dan satu imbang 2-2 melawan Vietnam. Sementara The Golden Stars hanya finis runner-up dengan dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Piala AFF 1998: Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Myanmar dan Filipina sukses melaju ke semifinal dengan duduk di posisi kedua dengan dua kemenangan dan satu kekalahan. Sedangkan Vietnam di Grup B bersama Singapura, Malaysia, dan Laos juga duduk di posisi kedua dengan dua kemenangan dan satu imbang.

Piala AFF 2000: Kembali berada di grup berbeda. Indonesia yang kembali segrup dengan Myanmar, Thailand, dan Filipina juga kembali sukses ke semifinal dengan dua kemenangan dan satu kekalahan. Vietnam sendiri berhasil berada di puncak klasemen Grup B dengan tiga kemenangan dan satu hasil imbang, setelah segrup bersama Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Piala AFF 2002: Vietnam sukses mengungguli Indonesia di Grup A dengan lolos ke semifinal berstatus juara grup, Indonesia sendiri berada di bawahnya degan kalah dua poin.

Piala AFF 2004: Vietnam untuk kali pertama gagal ke semifinal pada edisi ini. Segrup dengan Indonesia, Singapura, Laos, dan Kamboja, mereka melempem. Indonesia sendiri sukses keluar sebagai juara grup.

Piala AFF 2007: Gantian Indonesia untuk kali pertama gagal ke semifinal setelah finis di posisi ketiga Grup B. Vietnam yang berada di grup yang sama sukses lolos sebagai runner-up grup.

Piala AFF 2008: Kali ini berbeda grup, Indonesia lolos ke semifinal setelah jadi runner-up Grup A. Sedangkan Vietnam juga lolos sebagai runner-up Grup B.

Piala AFF 2010: Ini adalah tahun yang cukup apik bagi keduanya. Indnesia sendiri sukses lolos ke fase semifinal dengan juara grup A. Sementara Vietnam juga jadi juara Grup B.

Piala AFF 2012: Entah kebetula atau tidak, kedua negara sama-sama melempem di edisi ini. Baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama hanya finis di peringkat ketiga masing-masing grup dan tak mampu lolos ke semifinal.

Piala AFF 2014: Pada edisi ini keduanya berbeda nasib. Vietnam sukses lolos ke semifinal sebagai juara grup, sedangkan Indonesia hanya finis di posisi ketiga.

Piala AFF 2016: Edisi tahun ini Vietnam kembali menunjukkan keperkaasaanya dengan keluar sebagai juara Grup B. Indonesia sendiri lolos sebagai runnnerup Grup A.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.