Sukses

Tekuk Vietnam, Ini Skenario Indonesia Menuju Final Piala AFF 2016

Indonesia akan bertandang ke markas Vietnam pada leg kedua semifinal, 7 Desember 2016.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 2-1 pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12/2016). Hasil ini membuat langkah Indonesia menuju babak final turnamen antarnegara Asia Tenggara itu terbuka lebar.

Pada leg kedua yang akan berlangsung di My Dinh Stadium, Hanoi, 7 Desember mendatang, Indonesia tidak perlu menang untuk mengunci tiket ke partai puncak. Hasil imbang saja, sudah cukup bagi tim Merah Putih melangkah ke final Piala AFF untuk kelima kalinya.

Menderita kekalahan dengan selisih satu gol di leg kedua, Indonesia tetap masih berpeluang ke final. Syaratnya, pasukaan Alfred Riedl harus menghindari kekalahan 0-1. karena Vietnam bakal unggul gol tandang setelah berhasil menceploskan satu gol di kandang timnas Indonesia.

Selain itu, langkah Indonesia juga akan terhenti bila di leg kedua Vietnam berhasil menang dengan selisih skor lebih dari satu gol. Ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi Riedl untuk meramu skema yang tepat dalam mempertahankan keunggulan atas timnas Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Perjuangan Ekstra

Sementara itu, bertanding di depan publik sendiri, Indonesia langsung membuka keunggulan lewat Hansamu Yama Pranata di menit ke-7. Memanfaatkan umpan sepak pojok, tandukan Hansamu berhasil merobek jala The Golden Stars. Indonesia pun memimpin 1-0.

Sayang, keunggulan ini tidak bertahan lama.Pelanggaran yang dilakukan Benny Wahyudi di kotak penalti pada menit ke-15 memaksa wasit menujuk titik putih. Nguyen Van Quyet yang menjadi eksekutor menyepak bola ke pojok kanan bawah gawang Timnas Indonesia.

Setelah bermain dengan skor imbang 1-1 di babak pertama, Indonesia langsung menggebrak pertahahan Vietnam di awal babak kedua.

Tiga menit babak kedua berjalan, Indonesia mendapat hadiah tendangan penalti setelah Que Ngoc Hai menjatuhkan Stefano Lilipaly. Boaz Salossa maju eksekutor dan menyepak bola ke pojok kanan atas gawang Vietnam tanpa bisa dihentikan Tran Nguyen Manh. Indonesia unggul 2-1 dan berhasil mempertahankan kedudukan ini hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar

    Piala AFF 2016

Video Terkini