Sukses

6 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia Vs Vietnam

Timnas Indonesia tinggal selangkah lagi melaju ke partai final Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia tinggal selangkah lagi melaju ke partai final Piala AFF 2016. Skuat Garuda menang 2-1 atas Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016) pada leg pertama Semifinal Piala AFF 2016.

Indonesia mencetak gol terlebih dahulu pada menit ketujuh. Gol tercipta dari situasi sepak pojok. Rizky Pora melepaskan umpan lambung, bola langsung disundul Hansamu Yama tanpa bisa dihentikan Tran Nguyen Manh.

Menit ke-15, Vietnam mendapat hadiah tendangan penalti setelah Benny Wahyudi menjatuhkan pemain Vietnam. Nguyen Van Quyet yang menjadi eksekutor menyepak bola ke pojok kanan bawah gawang Timnas Indonesia. Kurnia Meiga bergerak ke arah sebaliknya.

Gol kemenangan Skuat Garuda tercipta pada awal babak kedua. Indonesia mendapat hadiah tendangan penalti setelah Que Ngoc Hai menjatuhkan Stefano Lilipaly. Boaz Salossa yang mengeksekusi tendangan penalti menyepak bola ke pojok kanan atas gawang Vietnam tanpa bisa dihentikan Tran Nguyen Manh.

Kemenangan 2-1 ini membuat Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke partai final. Leg kedua bakal berlangsung di Hanoi, 7 Desember mendatang.

Leg pertama ini menelurkan beberapa fakta menarik. Apa saja itu? Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gol Pemain Debutan

1. Gol Pemain Debutan

Hansamu Yama Pranata tampil gemilang dalam debutnya di Piala AFF 2016 bersama Timnas Indonesia. Golnya pada menit ketujuh merupakan gol pertamanya untuk timnas senior.

2. Banyak Kebobolan

Hingga babak semifinal Piala AFF 2016, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga sudah kebobolan delapan gol. Meiga menjadi kiper paling banyak kebobolan di Piala AFF 2016.

3 dari 5 halaman

Kecemerlangan Rizky Pora

3. Pemain Paling Kreatif

Rizky Pora menjadi pemain paling kreatif Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam. Dia melepaskan tiga umpan silang, satu di antaranya menjadi gol untuk Skuat Garuda.

Dia juga tercatat melepaskan 25 umpan, 18 di antaranya mengarah ke pemain Indonesia. Akurasi umpannya sebesar 70 persen.

4 dari 5 halaman

Rekor Boaz Salossa

4. Boaz Salossa

Dengan golnya yang dicetak ke gawang Vietnam, Boaz Salossa sudah mencetak tujuh gol sepanjang kariernya di Piala AFF. Jumlah golnya sama dengan yang dicetak Zaenal Arif pada ajang ini.

Boaz juga tercatat sebagai pemain terbanyak yang melepaskan sepakan tepat sasaran di Piala AFF 2016. Dia sudah melepaskan 12 tembakan yang mengancam gawang Vietnam.

5 dari 5 halaman

Kemenangan Ketiga

5. Kemenangan Ketiga

Hasil di Stadion Pakansari membuat Indonesia mencatatkan kemenangan ketiga atas Vietnam dari delapan pertemuan di ajang Piala AFF. Sisanya, Indonesia menelan sekali kekalahan dan empat hasil imbang.

6. Riedl Imbangi Nguyen Huu Thang

Kemenangan di Stadion Pakansari membuat rekor pertemuan Alfred Riedl dan Nguyen Huu Thang imbang. Dari tiga pertemuan, Rield meraih satu kemenangan, Huu Thang juga menorehkan satu kemenangan, dan satu laga berakhir imbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.