Sukses

Manipulasi Pajak, Ini Penjelasan Pihak Ronaldo

Ronaldo diduga mengalirkan pendapatannya ke Irlandia karena pajaknya lebih kecil bila dibandingkan dengan Spanyol.

Liputan6.com, Madrid - Dua hari lalu kabar tak sedap menghampiri Cristiano Ronaldo. Menurut El Confidencial dan Football Leaks, bintang Real Madrid itu berusaha menghindari bayar pajak di negeri Matador.

Laporan dua media Spanyol itu menyebutkan Ronaldo mengalirkan dana hasil kerja samanya dengan sponsor ke Irlandia atau lebih tepatnya ke Multisports & Image Management Ltd (MIM), sebuah perusahaan yang menerima aliran dana dari sponsorship di Eropa. Ini dilakukan karenpajak di Irlandia sangat kecil, yakni 12,5 persen, sedangkan di Spanyol hingga 43,5 persen.

Namun, kabar itu dibantah perusahaan yang selalu mengurus pajak Ronaldo, Gestifute. Perusahaan yang didirikan Jorge Mendes ini menegaskan Ronaldo merupakan pesepak bola yang taat pajak.

"Setelah berita yang menerbitkan adanya dugaan penyimpangan pajak oleh Cristiano Ronaldo, kami akan ungkapkan dokumen resmi yang dikeluarkan Kantor Pajak Spanyol. Mereka mengonfirmasi kalau Ronaldo selalu memperbarui kewajiban pajaknya di tempat yang dia tinggali," bunyi pernyataan resmi Gestifute, Minggu (4/12/2016).

"Cristiano Ronaldo selalu punya itikad baik dalam urusan ini (pajak). Faktanya, dia tidak pernah terlibat konflik dengan otoritas pajak di negara yang pernah ditinggalinya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuntut Pemalsu Informasi

Lebih lanjut, Gestifute bakal mengambil tindakan hukum mengenai berita bohong ini. Sebab, mereka merasa pemain berusia 31 tahun itu telah difitnah.

"Gestifute bersikeras bakal mengambil tindakan hukum yang diperlukan untuk membela kepentingan semua klien. Ini sudah ada informasi palu dan dimanipulasi," demikian pernyataan Gestifute.

"Ketika berhadapan dengan klien dan pihak berwenang, Gestifute selalu berkomitmen penuh dengan peraturan yang ada di semua negara. Peraturan yang masih dipakai dalam negara itu."

Cristiano Ronaldo (AFP/Javier Soriano)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak