Sukses

Rizky Pora, Senjata Rahasia Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Rizky Pora kalahkan nama-nama beken lain di timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Rizky Pora di tubuh timnas Indonesia sebenarnya cukup mengejutkan. Namun, dia membuktikan lewat aksinya di lapangan hijau. Bersama Skuat Garuda, Rizky tampil bak peluru yang melesat tajam ketika ditarik pelatuknya.

Sukses pasukan Alfred Riedl melejit sampai semifinal leg pertama lalu, sedikit banyak berkat kehadiran pemain asal Barito Putera ini. Dia menjadi salah satu pemain yang penampilannya konsisten di timnas.

Kehadiran pemain 26 tahun ini yang bisa mengunci posisi inti di skuat sebenarnya sempat dipertanyakan. Sebab, beberapa nama lain di timnas Indonesia dianggap lebih pantas, seperti Zulham Zamrun hingga Bayu Gatra.

Akan tetapi, Rizky sukses membungkam kritik tersebut. Bahkan, dia kini menjadi pemain yang paling banyak mengoleksi assists di Piala AFF 2016. Sejauh ini, Riky sudah mengoleksi tiga assist bersama timnas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Terbaik

Puncaknya, kala pemain Ternate ini didapuk menjadi pemain terbaik saat Indonesia mengalahkan 2-1 Vietnam di semifinal leg pertama Piala AFF 2016 lalu. Catatan labbola menyebut, dari 90 menit bermain Rizky sukses melakukan 18 umpan sukses, dua shots on target, tiga crossing sukses, dua dribbel, dan satu assist.

Bahkan, aksinya mengundang decak kagum. Ini setelah dia pemar mempraktikkan teknik tingkat tinggi backheel rainbow flick. Rizky menyambut bola hasil umpan rekannya dengan sontekan kaki kiri bagian luar untuk mengelabui lawan.

Nama Rizky memang mencelat ketika memperkuat Persita Tangerang pada rentang 2010-2013 lalu. Apik, membuat Barito Putera meminati jasanya. Bergabung 2013 lalu, dia sukses menCetak 8 gol dari 41 pertandingan.

Bakat Pora kemudian tercium oleh Alfred Riedl. Piala AFF 2014 jadi debut Rizky di Timnas Senior. Namun memang, debutnya itu kurang mengilap lantaran gagal membawa Skuat Garuda terbang tinggi. Bahkan, dia sempat diganjar kartu merah saat Indonesia menghadapi Filipina 2014 lalu.

3 dari 3 halaman

Bio Data

Berikut bio data Rizky Rizaldi Ripora:

Nama lengkap    : Rizky Rizaldi Ripora

Tanggal lahir    : 22 November 1989 (umur 27)

Tempat lahir    : Ternate, Indonesia

Tinggi        : 1.71 m

Posisi bermain    : Winger kiri, Bek kiri

Klub saat ini    : Barito Putera

Nomor        : 26

Caps        : 10

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.