Sukses

10 Fakta Unik Rossi yang Selama Ini Tersembunyi

Rossi disebut-sebut tak akan pensiun sebelum meraih gelar juara dunia ke-10.

Liputan6.com, Jakarta - Meski jumlah gelar di kelas utama (MotoGP) masih kalah dari Giacomo Agostini, Valentino Rossi tetap menjadi pembalap paling popular dalam sejarah dunia balap motor.  Itu mengapa Rossi dijadikan sebagai panutan bagi banyak pembalap muda.

Rossi, pembalap Movistar Yamaha, sudah memulai karier balapnya di Grand Prix sejak 1997. Sejak itu pula ia sudah menikmati gelar juara dunia di semua kelas. Rinciannya adalah satu kali di kelas 125cc, satu kali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas utama.

Bukan hanya karena prestasi, Rossi juga begitu dicintai fans karena sikapnya yang humoris dan menyenangkan. Tak heran jika sebagian besar orang memiliki rasa hormat kepada pembalap berusia 37 tahun itu. Bahkan, ia juga begitu dihormati pembalap lain.

Meski begitu, jangan mengaku sebagai penggemar berat Rossi jika Anda tak mengetahui berbagai hal mengenai pembalap bernomor 46 tersebut. Seperti dilansir Alux, setidaknya ada 10 fakta yang wajib diketahui dari seorang Rossi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ritual Sebelum Balapan

Sebagai fans berat tentu harus tahu apa yang dijadikan Rossi sebagai ritual wajibnya sebelum balapan. Biasanya, ia akan berjongkok di samping motornya sambil meluangkan waktu untuk berdoa sejenak.

Ritual rutin Valentino Rossi sebelum balapan dimulai. (AFP)

Tak hanya itu, terkadang ia juga menepuk atau mencium motornya, memperbaiki helm, sarung tangan, dan wedgie-nya. Mungkin hal tersebut terlihat begitu biasanya. Namun, setelah bertahun-tahun, itu menjadi rtual yang tak pernah dilewati Rossi.

2. Mobil Mewah Gratis
Meski Rossi dikenal dari aksinya sebagai pembalap motor, ia juga termasuk atlet yang menyukai mobil dengan kecepatan tinggi. Beruntungnya, ia tak perlu merogoh kocek satu sen pun untuk memiliki mobil mewah.

Mobil BMW M3 milik Valentino Rossi. (Alux)

Setidaknya, sudah dua mobil yang didapat The Doctor dengan gratis berkat prestasi dan penghargaan untuk karier balapnya. Pada 2009, ia mendapatkan BMW M3 setelah memenangkan gelar juara MotoGP ketujuh.

Pada 2012, Ferrari memberikannya Ferrari 458 Italia yang bernilai US$ 250.000. Bahkan, Ferrari sengaja mengecat mobil tersebut dengan warna kuning. Selain mobil sport, Rossi juga memiliki kapal pesiar super mewah.

3 dari 7 halaman

3. Kisah Percintaan

Biasanya, seorang pria dengan usia matang, stabil secara finansial, dan memiliki karier mengesankan akan mudah dalam membangun rumah tangga. Namun, hal itu tak berlaku pada Rossi. Faktanya, hingga kini ia masih berstatus bujangan.

Bukti kedekatan Valentino Rossi dan Linda Morselli. (Crash)

Meski berulang kali terlibat hubungan dekat dengan banyak wanita, tak ada yang benar-benar serius dijalani Rossi. Itu karena Rossi tak ingin kisah percintaannya justru mengganggu kariernya di dunia balap.

Sebagian besar wanita yang pernah dikencaninya adalah seorang model. Sebut saja Martina Stella, Maddalena, Arianna Matteuzzi, dan Mandala Tayde. Belum lama ini, ia juga berkencan dengan Linda Morselli.

4 dari 7 halaman

4. Kasus Pajak

Ini mungkin menjadi masalah pribadi terbesar yang pernah dihadapi Rossi. Insiden tersebut terjadi pada 2008. Faktanya, kasus pajak itu begitu mengejutkan fans dan Rossi sendiri. Seperti diketahui, Rossi adalah salah satu atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Ia juga sukses meraup pendapatan dari sponsor dan penjualan merchandise-nya.

 Valentino Rossi (EPA/Fazry Ismail)

Kasus itu terjadi ketika Rossi tinggal di London. Akibat kasus tersebut, Rossi harus merogoh kocek hingga 35 juta euro. Karenanya, sejak itu Graziano Rossi, sang ayah, mewanti-wanti putranya untuk lebih berhati-hati pada uang dan invenstasinya.

5. Pecinta Bulldog
Rossi adalah seorang pecinta anjing, khususnya ras bulldog. Banyak yang berpikir bahwa bulldog adalah anjing yang agresif. Namun, faktanya mereka benar-benar bersahabat, namun berani. Itu yang disukai Rossi dari bulldog.

Stiker bulldog yang menempel di motor Valentino Rossi. (MoNicky)

Sejak 2000, ia memiliki peliharaan bulldog bernama Guido. Kedekatan Rossi dengan Guido begitu terlihat di banyak kesempatan sebelum akhirnya bulldog tersebut mati pada 2008. Lalu, Rossi kembali memiliki dua ekor bulldog bernama Cesare dan Cecilia. Kecintaan Rossi terlihat dari stiker anjing yang melekat di motor dan helmnya.

5 dari 7 halaman

6. Tempat Tinggal

Saat meneken kontrak dengan Honda, Rossi pindah ke London. Ia tinggal di sebuah apartemen sebelum akhirnya membeli rumah mewah yang membuatnya tersangkut kasus pajak. Akibat hal itu, ia pun kembali ke tanah kelahirannya di Italia.

Valentino Rossi menunjukkan sirkuit miliknya yang dekat dengan rumahnya. (Alux)

Ia membangun sebuah peternakan di Tavullia, wilayah kecil yang hanya dihuni 8.000 orang. Hebatnya, semua penduduk di sana terdaftar sebagai anggota Valentino Rossi Official Fan Club. Tak heran jika warna kuning begitu dominan di Tavullia. Ia dianggap seperti raja dan diciptai sebagai pahlawan.

7. Trek Balap Pribadi
Rossi benar-benar tak bisa jauh dari lintasan. Rumahnya di Tavullia pun tak hanya sekadar tempat untuk beristirahat. Ia juga kerap melatih kemampuannya di sana setelah membangun lintasan balap pribadinya. Namun, ini bukan lintasan aspal seperti trek MotoGP pada umumnya.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (46), berlatih bersama beberapa member VR46 Rider Academy di MotoRanch, Tavullia, Italia, Sabtu (5/11/2016). (Bola.com/Twitter/ValeYellow46)

Rossi membangun sebuah lintasan dengan jalur tanah. Dengan panjang 1,8 mil, tren tersebut dihiasi dengan peternakan dan kebuh anggur. Kebetulan, Rossi memang dilatih sang ayah membalap di jalur tanah sejak masih muda. Graziano percaya hal tersebut bisa membantuya dalam mengendalikan motor.

6 dari 7 halaman

8. VR46 Academy

Bagi sebagian besar anak muda di Italia, Rossi tak ubahnya seorang pahlawan. Apalagi jika pemuda tersebut juga bercita-cita menjadi seorang pembalap motor. Rossi menyadari hal itu. Ia juga sadar betapa sulitnya menemukan jalan untuk berkarier di dunia MotoGP.

Para peserta Master Camp memamerkan sertifikat VR46 Academy. (Yamaha MotoGP)

Atas dasar itu Rossi menciptakan sebuah lintasan yang ditujukan untuk pembalap-pembalap muda Italia agar bisa berlatih bersamanya. Dari situ, Rossi pun semakin serius menyoroti pembinaan dengan meresmikan berdirinya VR46 Academy pada 2014.

Tak berhenti sampai di situ, Rossi juga membangun tim di Moto3, yakni Sky Racing Team VR46. Pablo Nieto ditunjuk sebagai manajer. Hanya pembalap yang paling berprestasi dari akademi yang akan diberi kesempatan untuk masuk tim ini dan bersaing di Moto3.

7 dari 7 halaman

9. Saudara Tiri

Rossi adalah anak tunggal yang lahir dari pasangan Stefania dan Graziano. Sayang, kedua orangtuanya bercerai saat Rossi masih sangat muda. Sejak itu, ia lebih banyak menghabiskan waktu bersama sang ayah yang juga menjadi gurunya di lintasan balap.

Valentino Rossi dan adik tirinya, Luca Marini. (Gazetta world)

Setelah bercerai, ayah Rossi kembali menikah dan memiliki seorang putri yang dinamai Clara Rossi. Clara selalu menjadi sosok yang kerap menemani Graziano di garasi Rossi sepanjang balapan.

Tak hanya itu, Rossi juga memiliki adik tiri hasil dari pernikahan ibunya dengan Massimo Marini, yakni Luca Marini. Kini, Marini mulai mengikuti jejak Rossi dengan menjadi pembalap Moto2.

10. Dukungan Terbesar
Tak bisa dipungkiri, Rossi adalah pembalap paling popular sepanjang sejarah balapan Grand Prix. Terlepas dari prestasinya yang mulai menurun, ia tetap menjadi pembalap yang paling dicintai dan dinanti masyarakat.

Fans Valentino Rossi di Sirkuit Mugello. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Tak hanya mendapat rasa hormat dari publik, ia juga begitu disegani di antara para pembalap. Tak heran jika di mana pun seri MotoGP digelar, Rossi selalu mendapatkan dukungan terbesar. Dengan warna kuning sebagai identitas, tak sulit membedakan kelompok mana yang menjadi pendukung The Doctor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini