Sukses

Selangkah Menuju Final, Timnas Indonesia Kepalang Tanggung

Kunjungan terakhir Timnas Indonesia ke kandang Vietnam berakhir dengan kekalahan 2-3.

Liputan6.com, Hanoi - Sejatinya, Timnas Indonesia bukan kontestan yang diunggulkan di Piala AFF 2016. Itu mengapa sukses mereka lolos ke semifinal menjadi sebuah kejutan. Hebatnya, mereka justru hanya tinggal selangkah lagi memastikan tiket final.

Persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2016 jauh dari kata ideal. Pasalnya, mereka baru saja vakum dari agenda internasional menyusul sanksi FIFA untuk sepak bola Indonesia pada 30 Mei 2015-16 Mei 2016.

Seleksi tahap pertama pun baru dilakukan pelatih Alfred Riedl pada Agustus 2016. Mereka juga hanya mendapatkan kesempatan untuk melakoni empat laga uji coba. Anehnya, berbagai faktor itu tak mempengaruhi semangat juang Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Bermodal kerja keras dan sedikit keberuntungan, Boaz Solossa dan kawan-kawan justru sudah begitu dekat dengan momen final. Memang, Timnas Indonesia sempat mengecewakan saat di laga pertama Grup A dipermalukan Thailand 2-4.

Pun di laga kedua, Tim Garuda hanya mampu bermain imbang 2-2 lawan Filipina. Baru, di laga ketiga, Indonesia bangkit dan menekuk Singapura 2-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gemilang di Semifinal

Kegemilangan timnas Indonesia berlanjut saat menekuk juara Grup B, Vietnam dengan skor serupa di laga semifinal pertama. Dua gol Indonesia di laga yang digelar di Stadion Pakansari Bogor itu dicetak Hansamu Yama dan Boaz Solossa.

Kini, laga leg kedua semifinal melawan Vietnam di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016), pun siap dimaksimalkan. Boaz dan kawan-kawan akan coba kembali mati-matian demi mengamankan tiket ke final.
Hansamu Yama menjadi pencetak gol pembuka kemenangan Indonesia atas Vietnam di semifinal pertama. (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)
"Saya yakin kami beruntung tiba di semifinal. Namun di sepak bola, Anda harus berjuang keras. Keinginan kuat yang sangat menentukan," kata Riedl pada sesi konferensi pers, Selasa (6/12/2016).

Maka itu, kata Riedl, tak ada lain yang mereka lakukan di laga kedua, selain kembali bermain total. "Laga besok akan sangat sulit karena menghadapi semangat luar biasa Vietnam," Riedl menegaskan.

3 dari 3 halaman

Tekad Tuan Rumah

Modal bagus sudah dikantongi skuat Garuda lewat kemenangan 2-1 pada leg pertama semifinal di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016). Dengan hasil itu, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke final.

Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Namun, sebuah kekalahan juga tak lantas menyingkirkan mereka. Syaratnya, Timnas Indonesia tak boleh kalah 0-1 dan dengan margin lebih dari dua gol.

"Selamat untuk kemenangan yang didapat Indonesia. Laga nanti akan sangat krusial bagi kami karena kami kalah. Ini ujian psikoligis dan kami akan mengupayakan segalanya untuk lolos," jelas pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.