Sukses

Sosok-Sosok di Belakang Layar Timnas Indonesia

Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesa melangkah ke semifinal Piala AFF 2016 usai lolos sebagai runner up Grup A. Sukses itu sesungguhnya bukan hanya peran pelatih dan pemain, tapi juga sosok-sosok di belakang layar timnas.

Sebagai pelatih kepala, Riedl memiliki dua asisten, yakni Wolfgang Pikal dan Peter Schaller. Gatot Prasetyo dipercaya sebagai pelatih kiper timnas senior.

Total, terdapat 35 orang timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016. Sebagian kecil dari jumlah itu mengurusi segala kebutuhan timnas Indonesia.   

Iwan Budianto sejak awal diamanatkan menjadi Kepala Delegasi Timnas Indonesia selama di Piala AFF 2016. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2016-2020 ini kerap terlihat di bangku cadangan pemain.

Para pemain dibantu dua orang masseur (pemijat) timnas selama ambil bagian di turnamen sepak bola antarnegara di kawasan Asia Tenggara ini. Dua orang masseur itu adalah Sudir dan Armin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dokter Timnas

Bila cedera atau kurang fit, timnas Indonesia juga sudah memiliki dokter Syarif Alwi yang selalu siaga. Dalam menjalankan tugasnya, dokter Syarif Alwi dibantu seorang fisioterapi bernama Immanuel.

Ketika perlengkapan timnas harus disiapkan, baik ketika berlatih atau bertanding, dua orang kitman siap bekerja keras.  Dedi Is dan Ade Ali adalah dua kitman yang tentu banyak meringankan tugas para pelatih dan pemain.

PSSI sendiri kali ini menunjuk Herwindyo sebagai administrator timnas Indonesia. Makanan, hotel, dan uang saku para pemain menjadi tugas Herwindyo untuk mengurusnya. Lalu, posisi media officer Tim Garuda dipegang Bandung Saputra, yang melanjutkan tugasnya setelah bersama Timnas Indonesia U-19 asuhan Eduard Tjong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini