Sukses

Real Madrid Bela Ronaldo Soal Tuduhan Manipulasi Pajak

Real Madrid membela pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo yang dituduh memanipulasi pajak di Spanyol.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid membela pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo yang dituduh memanipulasi pajak di Spanyol. Pemain berusia 31 tahun itu dinilai memainkan pajak pendapatannya.

Menurut El Confidencial dan Football Leaks, bintang Timnas Portugal itu berusaha menghindari bayar pajak di negeri Matador. Laporan dua media Spanyol itu menyebutkan Ronaldo mengalirkan dana hasil kerja samanya dengan sponsor ke Irlandia atau lebih tepatnya ke Multisports & Image Management Ltd (MIM), sebuah perusahaan yang menerima aliran dana dari sponsorship di Eropa.

Ini dilakukan Ronaldo karena pajak di Irlandia sangat kecil, yakni 12,5 persen, sedangkan di Spanyol hingga 43,5 persen. Kabarnya, Ronaldo menggelapkan pajak hingga 150 juta euro.

Namun, kabar itu dibantah perusahaan yang selalu mengurus pajak Ronaldo, Gestifute. Perusahaan yang didirikan Jorge Mendes ini menegaskan Ronaldo merupakan pesepak bola yang taat pajak.

Melihat isu yang berkembang saat ini, Los Blancos --sebutan Real Madrid-- memilih untuk membela Ronaldo. Mereka tidak percaya Ronaldo menggelapkan pajak.

"Mengingat berita dalam beberapa hari terakhir dan sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Pajak Spanyol yang menegaskan bahwa pemain kami, Ronaldo selalu memperbarui kewajiban pajaknya," bunyi pernyataan resmi Madrid, dikutip dari Marca.

"Real Madrid CF memilih untuk menghormati Ronaldo yang menjadi teladan untuk seluruh waktunya bersama kami," Madrid menegaskan pernyataannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini