Sukses

Lolos ke Final, Ini Statistik Timnas Indonesia Vs Vietnam

Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2016. Skuad Garuda menyingkirkan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016) pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016. Pertandingan yang berjalan selama 120 menit itu berakhir dengan skor 2-2.

Tim besutan Alfred Riedl itu sempat unggul terlebih dahulu berkat gol yang dicetak oleh Stefano Lilipaly pada menit ke-54. Lilipaly berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Vietnam.

Dalam pertandingan tersebut, Vietnam harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-75. Kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh mendapat kartu merah langsung karena perlakuan kasar kepada wasit.

Meski bermain dengan 10 pemain, Vietnam berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Gol Vietnam dicetak Vu Van Thanh.  Di masa injury time, Vietnam mencetak gol melalui sepakan Vu Minh Tuan. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan karena agregat menjadi 3-3.

Indonesia kembali mencetak gol pada menit ke-96. Indonesia mendapat hadiah tendangan penalti setelah Ferdinan Sinaga dilanggar Que Ngoc Hai. Manahati Lestusen yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Selebrasi Manahati Lestusen (AFF/Twitter)

Skor imbang 2-2 bertahan hingga pertandingan berakhir. Timnas Indonesia pun lolos ke partai final setelah unggul agregat 4-3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Statistik Pertandingan

Sepanjang pertandingan, Vietnam mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 74 persen. Tim besutan Nguyen Huu Thang itu mengancam gawang Skuat Garuda hingga.

Le Cong Vinh dan kawan-kawan tercatat melepaskan 28 tembakan, TUJUH di antaranya mengancam gawang Skuat Garuda yang dikawal Kurnia Meiga. Sedangkan Indonesia hanya melepaskan tujuh tembakan, dua di antaranya langsung berbuah gol.

Vietnam terlihat mendominasi selama 120 menit. Mereka bisa menghasilkan 19 tendangan penjuru. Sedangkan Skuat Garuda hanya menghasilkan dua tendangan sudut.

Indonesia menumpuk 11 pemain di lini pertahanan. Skuat Garuda melakukan 19 pelanggaran untuk menghentikan pergerakan Vietnam.

Andik Vermansyah dan kawan-kawan tercatat mengantongi tiga kartu kuning. Sedangkan Vietnam meraih satu kartu merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.